Koperasi Rahmat Pesantren Mannilingi Bulo Bulo Sukses Gelar Rapat Anggota Tahunan Ke-XXX Tahun Buku 2023

JENEPONTO, Aliefmedia.com – Koperasi Rahmat Pesantren Mannilingi Bulo Bulo berhasil menyelenggarakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) Ke-30 tahun buku 2023. Acara yang dilaksanakan di teras Masjid H.Ir.Zainuddin H.Arifuddin Nur kompleks pondok pesantren Mannilingi Bulo Bulo, Sabtu 09/03/2024 ini merupakan momentum penting bagi anggota koperasi untuk bersama-sama merayakan capaian dan merinci perkembangan koperasi selama tahun 2023 lalu.

Dalam sambutannya, Ketua Kopontren Rahmat Mannilingi Bulo Bulo Harianto,SE dalam Laporan Pertanggung Jawabannya menyebut, bahwa laporan ini disusun oleh Pengurus berdasarkan Undang- Undang No. 25 Tahun 1992 tentang perkoperasian dan disertai dengan peraturan pelaksanaannya.

Selain itu kata Harianto, juga sesuai dengan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Koperasi.

Harianto juga menyampaikan laporan prestasi dan pencapaian koperasi sepanjang tahun buku 2023. Ia menyoroti pertumbuhan anggota, capaian keuangan, serta berbagai inisiatif yang telah dilakukan untuk meningkatkan kesejahteraan anggota.

Menurutnya, dari segi pengembangan usaha dan modal Koperasi tetap menjadi prioritas, sehingga untuk tahun 2023 dapat merealisir sebagian besar Program tahun 2024, baik dalam bentuk pengembangan usaha maupun dalam bentuk pengembangan dana. Dari hasil-hasil tersebut, masih perlu ditingkatkan dimasa yang akan datang, agar koperasi kita betul-betul menjadi ekonomi kerakyatan ditengah-tengah masyarakat.

Ketua Yayasan ponpes Mannilingi Bulo Bulo, DR Ir.H.Andi Makkasau, ST,MM dalam sambutannya menjelaskan, bahwa pelaksanaan rapat anggota tahunan ini, rencananya akan dilaksanakan pada minggu kemarin tetapi karena ada beberapa pertimbangan sehingga baru bisa dilaksanakan pada tanggal 9 Maret 2024.

“Rapat anggota tahunan itu sebagai salah satu indikator bahwa Koperasi itu sehat. Sekalipun kita menyampaikan Koperasi itu sehat, sekalipun di dalam laporan kita beribu-ribu laporan berjuta-juta kalimat mengatakan bahwa Koperasi itu sehat tetapi kalau dia tidak melaksanakan rapat anggota tahunan, maka itu salah satu tanda bahwa Koperasi itu tidak sehat,” jelas Karaeng Lompo sapaan akrab Dr.Andi Makkasau.

Rapat anggota tahunan ini bukan sekedar memenuhi kewajiban sebagai koperasi yang harus melaksanakan rapat anggota tahunan, rapat anggota tahunan itu bukan sekedar mengumpulkan kepada seluruh khalayak, kepada seluruh anggota bahwa kita telah melaksanakan rapat anggota tahunan. Tetapi lebih dari pada itu, ada tiga pointer yang sangat penting yang harus dilakukan oleh koperasi salah satunya adalah rapat anggota tahunan.

Dalam kesempatan itu pula, Karaeng Lompo menyinggung pentingnya keterlibatan pembinaan koperasi Kabupaten dan Provinsi agar koperasi tersebut bisa berkembang dengan pesat.

“Kepada Ibu Kepala dinas Koperasi Kabupaten Jeneponto atas keinginannya keseriusannya, kami menaruh harapan besar terhadap lembaga ini, sehingga Lembaga ini bisa berkembang dengan pesat,” ungkap Karaeng Lompo.

Penting juga di garis bawahi, Dr Andi Makkasau mengungkapkan capaian sedikit menurun dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya maka itulah harus kita kikis itu yang harus kita lakukan perbaikan-perbaikan ke depan sehingga Lembaga ini bisa berkembang dan lebih maju lagi.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sulawesi Selatan DR.Ashari Fakhsirie Radjamilo, M.Si, Kadis Koperasi Kabupaten Jeneponto, Perwakilan Dekopinda sulsel, Ketua Dekopinda Jeneponto, Direktur ponpes Mannilingi Bulo Bulo, Camat Arungkeke, Kepala Desa Bulo bulo, Kepala MA dan MTs, Babinsa dan Bhabinkamtibmas serta para undangan lainnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.