Aksi Peduli Kemanusian Korban Bencana Alam Banjir Dan Tanah Longsor Diapresiasi Oleh Tokoh Masyarakat.

Jeneponto, Aliefmedia.com – Hari ini tepat hari yang ke 8 sejak terjadinya Banjir dan Tanah Longsor di Kampung Tokka dan Kampung Belong Dusun Bontoloe Desa Rumbia Kec.Rumbia Kab.Jeneponto pagi ini Ahad 21 Juni 2020 pukul 08.25 DUM Tagana ditarik kembali ke Mako Tagana Dinsos Jeneponto.

Sekretaris Dinas Sosial Drs.Abd.Rasyak Baso, menarik kembali Anggota Tagana yang bertugas di Lokasi Bencana Alam Banjir dan tanah longsor rumbia.

Tagana dalam pengabdiannya sesuai Motto Tagana ” Datang tidak dipanggil, Pulang tidak diantar ” Kata Abd.Rasyak Baso saat menyampaikan arahan dan doa bersama di Posko DUM dan Logistik Belong.

Lanjut kata Abd Rasyak Baso bahwa Tagana Jeneponto dengan Motto seperti itu, menjadi inspirasi Corps Tagana Jeneponto dalam melaksanakan Tugas tugas kebencanaan. Kita ini sudah satu pekan melaksanakan tugas ditempat ini, adek adek tagana benar benar bekerja dengan penuh rasa kemanusiaan yang kalian jalankan.

Dalam kegiatan ini saya ambil langsung karena sangat darurat itu hari, sehingga pada malam sabtu kami bersama pengurus Tagana (TRC) mampu kita tembus ke titik Tanah Longsor di Daerah Tokka Dusun Bontoloe Desa Rumbia.

Disitulah saya pada malam itulah saya melihat wujud kepedulian dan partisipasi adek adek Tagana dan saya mengakui bahwa benar benar Tagana ini pekerja Sosial dan memiliki jiwa sosial dalam memperhati kan setiap derita masyarakat yang membuatnya mempertemukan kita dalam sebuah misi kemanusiaan Bencana Banjir dan Tanah Longsor yang menelang jiwa 4 Orang, luka berat 4 Orang dan Luka Ringan 2 Orang.
Bahkan mereka kehilangan Rumah 4 buah ditelang tanah longsor serta tiga rumah Rusak berat satu rusak ringan serta 37 Jiwa pengungsi. Jelas kata Abd.Rasyak Baso kepada www.aliefmedia.com

Karena itu, saya harapkan kepada teman teman tagana jaga kekompakan Corps Tagana serta terus dijaga kekompakan itu.Ucapnya

Semoga saja tidak lagi terjadi Bencana seperti ini. Namun kalau toh kita tidak harapkan lalu terjadi, maka kekompakan seperti inilah yang saya sangat harapkan.

Selama ini Tagana dianggap sepele dengan yang lain, tetapi dengan kehadiran Tagana di Rumbia ini ternyata teman teman tagana sangat kompak sekali.

Pagi ini saya pamit ke pada Tokoh Masyarakat disini dimana Tagana mendapat dukungan penuh dari masyarakat dan kelompok pemuda Dusun Bontoloe Desa Rumbia, saya juga mewakili adek adek Tagana menyampaikan permohonan maaf kepada tokoh masyarakat dan Kelompok pemuda jika sekiranya dalam melaksanakan tugas kebencanaan selama kami berada dikampung ini ada sesuatu yang tidak berkenaan terhadap pelayanan kami mohon dimaafkan.

Karena itu saya sampaikan kepada adek adek tagana untuk kembali ke Markas Tagana Dinsos Jeneponto dan selamat kembali kerumah masing masing insya Allah besok senin kita lanjutkan tugas sebagai mana biasa di Kantor Sosial Jeneponto.” Kata Abd.Rasyaka Baso

Ditempat yang sama, Camat Rumbia Abd.Rajab Lau menyampaikan ucapan terima kasih kepada personil Tagana Jeneponto atas segala bantuan dan kerjasamanya dalam membantu pemerintah kecamatan Rumbia dalam penanganan dan penanggulangan Bencana Banjir dan tanah longasor. Ucap Camat Rumbia yang akrab di sapa Karaeng Lau.

Ditempat terpisah, sejumlah Tokoh Masyarakat baik yang Keluarga korban meninggal terseret banjir dan tertimbung tanah longsor mengapresiasi terhadap pergerakan peduli kemanusiaan oleh Tagana di sini sangat luar biasa. Salah satunya Sertu Kamaruddin Bhabinsa Desa Rumbia Kepada Awak media mengatakan bahwa ” saya bersama Tagana selama sepekan di lokasi Bencana itu memperlihatkan kinerja yang sangat bagus dan sangat menarik impati masyarakat, ungkap kamaruddin

Lanjut kata Kamaruddin, saya akui kekompakan dan kebersamaan Tagana saat kami melakukan pembongkaran Rumah terdampak banjir dan tanah longsor Tokka dan Belong mereka (Tagana) tanpa ada komando sudah di TKP melakukan pembongkaran rumah.

Demikian juga saat pencarian mayat NENENG ternyata lebih cepat berada ditempat dimana safaruddin meminta tolong saat ibunya dia temukan.
olehnya itu saya dari unsur TNI dan Polri menyampaikan terimah kasih kepada Kepala Dinas Sosial atas adanya tagana diterjunkan ke lokasi bencana dan saya berharap kedepan Tagana tetap bersama TNI Polri dalam menangani Bencana di Kabupaten Jeneponto ini. kata sertu kamaruddin. (Syam)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.