TUK LSP-KP POLITANI PANGKEP Selenggarakan Kegiatan Sertifikasi Kompetensi Bidang Perikanan

Pangkep, Aliefmedia.com- Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Kelautan & Perikanan (KP) merupakan Lembaga pelaksana kegiatan sertifikasi kompetensi kerja, khusus untuk profesi yang telah mendapatkan lisensi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) yang bertanggungjawab melaksanakan uji kompetensi, menerbitkan sertifikat kompetensi serta melakukan verifikasi tempat uji kompetensi pada bidang Profesi Kelautan dan Perikanan.

Politani Pangkep adalah salah satu Perguruan Tinggi Vokasi yang memiliki Tempat Uji Kompetensi (TUK) Mandiri Bidang Profesi Kelautan.

Mengawali amanah sebagai Ketua TUK LSP-KP Politani Pangkep, Dr. Andi Santi, S.ST.Pi., M.Si, menyelenggarakan Kegiatan Sertifikasi Kompetensi Perikanan pada hari Rabu, tanggal 05 Mei 2021 yang diikuti oleh Dosen & PLP yg merupakan Asesor Lingkup Politani Pangkep.

Kegiatan ini dibuka oleh Pembantu Direktur III Bidang Kemahasiswaan & Kerjasama, Nur Rahmawati Arma, S.Pi., M.Sc, P.hD yang menyatakan bahwa Sertifikasi Kompetensi merupakan tuntutan bagi dunia pendidikan dan dunia kerja, bukan hanya dimiliki oleh para dosen & PLP tetapi wajib dimiliki oleh seluruh mahasiswa & alumni untuk dapat bersaing di dunia kerja. Sertifikasi kompetensi saat ini telah menjadi Kebutuhan Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI).

Kegiatan ini diikuti oleh 40 orang peserta terdiri dari Dosen dan PLP lingkup Politani Pangkep. TUK LSP-KP menentukan 5 Skema yang dapat diikuti oleh peserta. Skema tersebut adalah

  1. Skema Ahli Penangkapan Ikan
  2. Skema Ahli Budidaya Perikanan
  3. Skema Ahli Pengolahan Hasil Perikanan
  4. Skema Penyuluhan Perikanan Supervidsor
  5. Skema Penyuluhan Perikanan Advisor

Sertifikasi Kompetensi Teknis ini merupakan sertifikat wajib dimiliki bagi para asesor untuk menghasilkan SDM Unggul Menuju Indonesia Maju, sebagaimana disampaikan oleh Direktur LSP-KP Bapak Hery Maryuto dalam Rapat Kerja Teknis LSP-KP pada tanggal 29 April 2021.

Ketua LSP Politani Pangkep Ir. Andi Imran Ansari, M.Si. dalam sambutannya mengharapkan Sinergitas TUK Mandiri dengan LSP, Kesiapan TUK dalam proses assesmen bagi mahasiswa baik untuk sertifikasi PSKK (Program sertifikasi Kompetensi Keahlian) dari BNSP ataupun Sertikom dari Kementerian Pendidikan dan dan semoga Pengurus LSP periode ini dapat meraih kembali Predikat sebagai salah satu TUK terbaik dalam lingkup LSP KP.

LSP-KP bersama TUK LSP-KP akan mengembangkan dan mengimplementasikan 67 Skema Sertifikasi Kompetensi sesuai dengan kebutuhan Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI).

Terima kasih atas Amanah dan Dukungan dari segenap Pimpinan Politani Pangkep, Ketua LSP Politani Pangkep dan semua teman-teman Civitas Akademika Politani Pangkep sehingga Kegiatan ini berjalan lancar & sukses beber Ketua TUK LSP-KP

Hal tersebut di atas disampaikan oleh Syamsuar,S.Pi.M.Si melalui pesan Whatsappnya kepada aliefmedia.com.(Syam)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.