Bhabinkamtibmas Polsek Bajeng Gunakan Problem Solving Damaikan Permasalahan Warganya

GOWA, Aliefmedia.com – Bhabinkamtibmas merupakan ujung tombak Kepolisian di kewilayahan di desa binaanya. Pperan tugasnya tidak bisa dipandang sebelah mata, mengingat kewajibannya harus selalu hadir ditengah-tengah masyarakat binaannya dan juga selalu membantu menyelesaikan atau memecahkan permasalahan (problem solving) yang dialami oleh warga binaannya.

Seperti yang dilakukan oleh Bhabinkamtibmas Desa Pabentengang, Polsek Bajeng Polres Gowa, Bripka Aswin Jahar, SE pada hari Rabu (03/11) bertempat di salah satu Kedai warung Kopi di Desa Pabentengang Kecamatan Bajeng.

Pada pertemuan itu, Bhabinkamtibmas tersebut berhasil menyelesaikan permasalahan warga binaannya dengan cara problem solving, permasalahan warga ini kesalahpahaman saat mengalami Lakalantas, sehingga kejadian tersebut langsung dimonitor oleh bhabinkamtibmas.

Adapun langkah langkah yang diambil oleh bhabinkamtibmas Desa Pabentengang dalam menyelesaikan permasalahan warganya ini dengan mengajak saksi, serta memanggil kedua belah pihak yang salah paham.

Di sela sela penyelesaian masalah ini Bripka Aswin Jahar, memberikan nasehat dan himbaun kamtibmas tentang pentingnya membangun persaudaraan satu sama lainnya, baik dalam menjaga toleransi sesama kekeluargaan atau rekan sahabat, tanpa adanya permusuhan serta mengajak kedua belah pihak untuk menjaga keamanan dan ketertiban di wilayahnya.

Dengan mediasi ini, kedua belah pihak sepakat damai dan masalahnya diselesaikan secara kekeluargaan, kedua belah pihak ikut menyetujui dan berterima kasih kepada Bhabinkamtibmas, kedua belah pihak dan saling meminta maaf serta berjanji untuk tidak mengulanginya lagi dan tidak saling dendam atas kejadian yang sudah terjadi.

Sementara itu, Kapolsek Bajeng, AKP Alhabsi, SH membenarkan adanya penyelesain masalah warga binaan melalui problem solving yang dilakukan personil bhabinkamtibmas, adapun kasus yang dilakukan mediasi dengan cara problem solving khusus kasus ringan saja, Problem solving ini juga bertujuan agar permaslahan warga tidak meluas, sehingga dapat menimbulkan konflik sosial,”Jelas Kapolsek. (Humas Polres Gowa-AMN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.