Tahun 2021, Capaian Retribusi BTS Kabupaten Bantaeng Lampaui Target

BANTAENG, Aliefmedia.com – Dinas Komunikasi Informatika Struktur dan Persandian Kabupaten Bantaeng mencatat tahun 2021 capaian retribusi menara telekomunikasi atau base transceiver station ( BTS ) di daerah ini mampu melampaui target dengan menyumbang Rp 117 juta lebih pajak asli daerah ( PAD ) dari target Rp 100 juta yang di bebankan atau mencapai 118 persen.

“Meskipun nilai PAD nya terbilang kecil, tapi Alhamdulillah atas dukungan teman teman di Kominfo dan bantuan rekan media kami mampu melampaui target PAD dengan menyumbang Rp 117 juta Pendapatan Asli Daerah (PAD) Bantaeng atau 118 persen,” ujar Kadis Kominfo Bantaeng, H.Subhan.S. Sos,M.Si saat bincang santai kepada media di ruang kerjanya Rabu (8/12/2021).

Capaian ini, lanjut mantan Kadis Pariwisata Bantaeng itu di peroleh karena jajaran dinas Kominfo lebih banyak melakukan survei di lapangan dan rutin melakukan komunikasi terkait pajak kepada seluruh perusahaan penyedia jasa jaringan seluler.

Kami juga memberikan reward kepada perusahaan pengelola BTS yang membayar pajak tepat waktu berupa piagam penghargaan yang di tanda tangani Bupati dan di kirim ke kantor mereka masing-masing di Jakarta, jelasnya.

Menurut kadis Kominfo, sebanyak 59 tower BTS yang tersebar pada 8 kecamatan dan 46 desa di seluruh area Bantaeng telah tercatat dan mampu memberikan kontribusi bagi daerah.

Para operator telekomunikasi telah bekerjasama dengan baik. Mereka taat dan tepat waktu dalam membayar retribusi menara sesuai dengan peraturan daerah. Diperkirakan, kemungkinan tahun 2022 mendatang BTS akan bertambah karena masih ada sejumlah daerah di Bantaeng yang sulit memperoleh jaringan alis blankspot sehingga di pastikan perusahaan penyedia jasa telepon seluler akan menyentuh wilayah tersebut dengan mendirikan BTS.

Menurut H. Subhan tidak ada lagi daerah yang mengalami blankspot atau semua area telah tercover BTS dan seluruh masyarakat sudah bisa menikmati jaringan seluler. Jadi saat ini sistem sudah jalan dan teman teman yang bertugas di bagian retribusi BTS sudah paham struktur dan cara penagian.

“Insya Allah tahun depan kami akan terus melakukan akselerasi dalam upaya mengumpulkan pundi-pundi PAD di sektor telekomunikasi,” ujarnya yakin. ( Ramli Rifal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.