Bupati Resmikan Gedung Baru Kantor KSP. Berkat Cabang Sinjai

Dihadiri Deputi Bidang Perkoperasian Kementerian Koperasi dan UKM, dan Ketua DEKOPIN

Ketua KSP. Berkat Bulukumba, DR.Ir.H.A.Makkasau,MM
(foto : KBR)

SINJAI, Aliefmedia.com – Bupati Sinjai, Andi Seto Gadhista Asapa,SH,LLM, meresmikan pemanfaatan gedung baru kantor Koperasi Simpan Pinjam Berkat Cabang Sinjai di Jalan Jend.Sudirman No.37 pada Sabtu (11/12/2021).

Bupati Sinjai, Andi Seto Gadhista Asapa,SH,LLM,
(Foto : KBR)

Acara tersebut di hadiri oleh Deputi bidang Perkoperasian Kementerian Koperasi dan UKM, Ahmad Zabadi, Ketua Umum Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin), DR.H.A.M. Nurdin Halid, serta Ketua Dekopinda Sinjai yang juga istri Bupati, Hj.Andi Nurhilda Daramata Seto.

Ketua KSP. Berkat Bulukumba, DR.Ir.H.Andi Makkasau,MM mengawali kata sambutannya, mengucapkan terima kasih banyak atas kehadirannya di acara peresmian ini.

Dalam sambutannya, Andi Makkasau juga menyampaikan, bahwa dengan kehadiran kantor KSP. Berkat di Sinjai diharapkan akan memberikan kinerja yang positif terhadap pelaku UMKM di Kabupaten Sinjai.

“Koperasi menggerakkan ekonomi kerakyatan. Itulah sebabnya gerakan koperasi mempunyai peranan penting dalam sistem perekonomian Nasional,” Kata Kr. Lompo, panggilan akrab DR. Andi Makkasau.

Masih kata A. Makkasau, bahwa membangun sebuah lembaga yang kuat ada beberapa syarat yang dilakukan. Salah satu diantaranya adalah membangun infrastruktur yang memadai. Sehingga kedepan Koperasi tidak lagi dipandang sebelah mata. Karena Koperasi adalah sebuah industri besar jika sekiranya dikelola secara profesional.

Sementara itu Bupati Sinjai Andi Seto Asapa berharap agar KSP Berkat bisa memperluas jaringannya melalui usaha-usaha produktif yang dapat meningkatkan kesejahteraan anggota dan memberi dampak dalam pertumbuhan ekonomi daerah.

Selain itu Andi Seto juga menantang KSP Berkat agar bisa spin off dengan membentuk koperasi sektor riil. Langkah itu sebagai upaya peningkatan kualitas kelembagaan dan pengembangan usaha koperasi. 

Apalagi, potensi di sektor perikanan dan peternakan di Kabupaten Sinjai sangat besar sehingga memungkinkan untuk didirikan koperasi di sektor tersebut.

“Kita punya hasil perikanan berkisar 8 ribu ton per tahun baik yang diekspor maupun yang dikonsumsi, demikian juga populasi sapi kita saat ini 140 ribu ekor. Jika potensi ini dimanfaatkan dengan membangun koperasi, Saya yakin perekonomian masyarakat akan semakin meningkat,” ujarnya.

Bupati juga menambahkan, bahwa Pemerintah Kabupaten Sinjai siap berkoordinasi dan berkomunikasi dengan Koperasi KSP Berkat untuk mewujudkan harapan tersebut.

Menanggapai hal tersebut Ketua KSP Berkat H. Andi Makkasau memberi apresiasi dan merespon baik dari keinginan Bupati Andi Seto Asapa yang menginginkan masyarakatnya lebih sejahtera.

“Insya Allah kita akan upayakan untuk berkoordinasi hal tersebut dengan manajemen kita di sinjai. Kita mencoba untuk mengkomunikasikan dengan nelayan yang punya potensi besar sehingga kita bisa carikan solusi agar hasil produksi nelayan maupun peternak di Sinjai bisa lebih maksimal tanpa ada lagi tengkulak atau rentenir, ” ujarnya.

Dalam peresmian ini turut dihadiri pula Ketua Dekopinwil Sulsel H. Asrullah, Kadis Koperasi dan UKM Sulsel Abd. Malik Faisal, Ketua DPRD Sinjai Jamaluddin, para Forkopimda serta undangan lainnya. (KBR)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.