3 Tahun Dianggarkan, Pasar Orogading Bakal Diresmikan

BULUKUMBA, Aliefmedia.com -Pemerintah Desa Orogading optimis mendorong peningkatan perekonomian masyarakat di desanya. Salah satu upayanya adalah dengan cara membangun pasar rakyat yang bersumber dari dana desa.

Pasar rakyat tersebut berada di dusun Bajiminasa, Desa Orogading, Kecamatan Kindang Kabupaten Bulukumba Sulawesi Selatan.

H. Muh. Nasir, S.Sos, Kepala Desa dua periode itu mengaku, bahwa pihaknya menganggarkan pembangunan pasar tersebut sejak tahun anggaran 2018 hingga tahun anggaran 2021 ini.

” Tiga tahun kami anggarkan di dana desa ini pasar, jadi tahun pertama itu pada 2018 untuk pembebasan lahan, kemudian di tahun ke dua di 2019 baru penataan lokasi. Lalu pada tahun ke tiga pada 2021 dianggarkan kembali untuk pembangunan fisiknya “, ungkap H. Muh. Nasir kepada wartawan saat ditemui pada Sabtu, 25 Desember 2021.

Menurutnya, pada tahun 2020 sempat tidak dianggarkan. Sebab pada waktu itu, pihaknya fokus menganggarkan untuk penanganan pandemi Covid-19.

” Sempat kami tidak anggarkan ini pembangunan pasar pada tahun 2020, karena waktu itu kami fokus di penganggaran penanganan pandemi Covid-19. Kemudian barulah kita anggarkan kembali di 2021 ini, dan Alhamdulillah pengerjaan fisik rampung di akhir Desember ini “, tambahnya.

Saat ini kata dia. Pihaknya sementara melakukan pembenahan dan penataan untuk persiapan peresmian pada tanggal 28 Desember 2021 mendatang.

” Ini kami sementara melakukan pembenahan dan penataan lokasi jelang peresmian. InsyaAllah nanti bapak Bupati Bulukumba yang akan meresmikan “, tambah Kades yang dikenal merakyat oleh warganya itu.

Lebih jauh dia membeberkan, bahwa dengan hadirnya pasar rakyat tersebut. Nantinya diharapkan mampu menjadi pendongkrak meningkatnya perekonomian masyarakat dan juga memudahkan masyarakat untuk berbelanja dalam memenuhi kebutuhan sehari-harinya.

” Tentu kami berharap dengan adanya pasar rakyat ini. Masyarakat Orogading tidak jauh lagi keluar desa untuk berbelanja kebutuhan sehari-harinya. Dan paling penting adalah perputaran perekonomian masyarakat terjadi di dalam desa Orogading sendiri,” urainya.

Untuk diketahui, di Pasar yang berlokasi di dusun Bajiminasa itu. Terdapat 24 kios permanent untuk nantinya menjadi lokasi penjualan oleh pedagang dan 16 kios yang semi permanent.

Kemudian untuk jadwal operasional pasar sendiri kata H. Nasir, pihaknya menyepakati pasar tersebut beroperasi dua hari dalam sepekan. Yakni pada hari Rabu dan hari Sabtu. (**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.