Pengawas Wilayah III Korwil Dikbud Rumbia Berharap Guru ASN Lokal

JENEPONTO, Aliefmedia.com – Pengawas Wilayah III Korwil Dikbud Rumbia Burhan,S.Pd membina UPT SDN sebanyak 10 Sekolah yang tersebar di wilayah terpencil Kecamatan Rumbia Kabupaten Jeneponto.

Hal tersebut terkuak saat di konfirmasi awak media ini di UPT SD Negeri 29 Rumbia Desa Loka Kecamatan Rumbia. Kamis (13/01/2022).

Burhan,S.Pd menuturkan, bahwa sebanyak 10 sekolah yang dibina dan tersebar di daerah terpencil dan untuk melaksanakan tugas pengawasan, dirinya melakukan kunjungan satu sampai tiga kali.

” Alhamdulillah Sekolah binaan kami sudah ada beberapa sekolah yang berprestasi baik dalam bidang IPTEK maupun bidang IMTAQ dan kita sudah lakukan sesuai dengan prosedure,” Ungkapnya.

Lanjut kata Burhan, terkait dengan peningkatan kualitas mutu pendidikan tentunya sangat dibutuhkan peningkatan SDM bagi Tenaga Pendidik.

Lebih jauh, Burhan menjelaskan, bahwa guru yang ditempatkan di Kecamatan Rumbia khususnya di pelosok terpencil, banyak dari mereka yang kurang betah tinggal disebabkan karena tidak terbiasa dengan kondisi alam. Akibatnya, lebih banyak guru honor yang mengajar.

walaupun demikian, kami tak mau kalah dengan sekolah lain. Baru baru ini kita telah melaksanakan Olympiade Pendidikan Agama Islam se UPT SDN Kecamatan Rumbia yang diikuti 29 UPT SDN se Kecamatan Rumbia.

Bukan hanya itu, dibidang IPA dan Matematika pun kerapkali anak anak kita mendapatkan juara ditingkat Kabupaten Jeneponto. ujar Burhan dengan semangat.

Disisi lain, Burhan mengakui di wilayahnya terkendala masalah Guru. Alasannya, rata rata guru mengajar adalah Guru Honor. Bahkan dalam satu sekolah itu cuma satu orang guru ASN di tambah satu Kepala Sekolah.

“Bahkan kita kelebihan guru honor baik guru kelas maupun guru agama. Untuk Korwil Dikbud Rumbia ini hanya ada 52 ASN. yang tersebar di 29 UPT SDN.

Sehingga guru kita itu ada pegang dua kelas bahkan tiga kelas. Dan hal itu kami selalu mengusulkan pada setiap kali kita rapat kordinasi untuk penambahan guru ASN di wilayah pelosok.

Karena ada juga siswanya yang menonjol
Sementara gurunya tidak mampu karena di bebankan kepada guru honor.

Sementara ada juga guru honor yang sudah bersertifikasi, baik guru diknas maupun guru PAI.

Mengharapkan agar ada penambahan guru ASN yang direkrut dari guru lokal yang sudah lama mengabdi khususnya mereka yang tinggal di daerah terpencil ini. Karena daerah kita terpencil. Daerah gunung. (Syam)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.