Pelaksanaan RAT KSP. Berkat Ke 54 Dengan Protokol Kesehatan

BULUKUMBA, Aliefmedia.com – Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Berkat Bulukumba melaksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) Ke 54 tahun buku 2021 yang dirangkaikan dengan hari ulang tahun KSP Berkat. Acara tersebut dilaksanakan di hotel Agri Bulukumba, Sabtu (26/02/2022).

Pelaksanaan Rapat Anggota Tahunan (RAT) yang dilaksanakan ini tentunya berdasarkan undang-undang perkoperasian, Peraturan Pemerintah serta anggaran dasar dan anggaran rumah tangga Koperasi, Demikian dikatakan Ketua KSP. Berkat Bulukumba, DR.Ir.H.Andi Makkasau MM yang akrab disapa Karaeng Lompo.

Senada dengan itu, juga diungkapkan oleh Ketua Dekopinwil Sulsel, Drs. H. Asrullah Awing, bahwa dilaksanakannya RAT atas perintah konstitusi yg harus dilaksanakan setiap tahun.

Selanjutnya DR. Andi Makkasau menjelaskan, bahwa Rapat Anggota Tahunan hari ini mengikuti protokol kesehatan yang dihadiri kurang lebih 500 orang yang terdiri dari para anggota dari seluruh pusat baik cabang maupun capem serta para karyawan. Sehingga hari ini sudah mencapai Quorum dan sah berdasarkan anggaran dasar dan anggaran rumah tangga.

Dihadapan Bupati Bulukumba yang diwakili oleh Sekda, Muhammad Ali Saleng, SH,M.Si, Wakil Ketua DPRD, Dra. Hj. Aminah Syam, M.Kes, Kapolres AKBP. Suryono Ridho Murtedjo, S.IK., M.Si serta yang mewakili Dandim 1411/Bulukumba, Krg. Lompo menjelaskan, bahwa tujuan pelaksanaan Rapat Anggota Tahunan ini adalah :

  1. Memberikan pertanggung jawaban pengurus atas jalannya Koperasi selama tahun buku 2021.
  2. Pengesahan program kerja dan anggaran pendapatan belanja Koperasi tahun buku 2022.
  3. Pengesahan Peraturan-peraturan khusus Koperasi untuk pengembangan usaha koperasi dan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat pada umumnya peningkatan kesejahteraan pada Anggota.

Andi Makkasau Manjakan Anggota Dengan Hadiah, Jadikan KSP. Berkat Menjadi Luar Biasa.

Dalam pelaksanaan RAT tahun buku 2021 ini yang dirangkaikan dengan hari ulang tahun koperasi simpan pinjam berkat yang ke 54 selalu berupaya untuk meningkatkan kesejahteraan anggota dan karyawannya.

  1. Melaksanakan undian umroh bagi anggota yang sudah lunas simpanan pokok dan simpanan wajibnya sebanyak 4 orang. Begitu pula karyawan yang berprestasi sebanyak 1 orang mendapatkan penghargaan untuk melaksanakan umroh.
  2. Melaksanakan undian-undian diataranya adalah undian sepeda motor dan hadiah-hadian hiburan lainnya yang menarik bagi anggota yang sudah lunas simpanan pokok dan simpanan wajibnya.
  3. Bagi pengelola kantor cabang dan kantor cabang pembantu yang bekerja baik dan meningkatkan pencairan modal kerja kepada seluruh anggota kita dan menurunkan NPL, meningkatkan outstanding, serta meningkatkan laba usaha atau SHU akan mendapatkan penghargaan ataupun reward.
  4. Memberikan paket lebaran setiap tahun bagi seluruh anggota dan tunjangan hari raya bagi seluruh karyawan. Hal ini sangat berat dilaksanakan. Tapi demi meningkatkan kesejahteraan anggota dan karyawan, ditahun buku 2021 ini, besarnya paket lebaran dan tunjangan hari raya sebesar Rp. 4.055.160.300,-
  5. Memberikan modal kerja bagi karyawan Ksp. Berkat yang telah memasuki purna bakti atau pensiun. Disamping diberikan modal kerja tersebut, dia juga melaksanakan hadiah umroh karena jasa-jasanya selama bekerja dikoperasi Simpan pinjam berkat dan tidak pernah diberi sanksi ataupun hukuman berat dalam pelaksanaan kegiatan tersebut.
    Adapun jumlah karyawan yang melakukan purna bakti di tahun 2021 ini sebanyak 6 orang.
  6. Sebagai warga yang baik, Ksp Berkat telah menyetor pajak ke kas negara selama tahun 2021 sebesar Rp.2.135.000.000,-
  7. Dari seluruh biaya operasional selama tahun buku 2021 yang begitu besar, tapi dengan kerja keras dan usaha maksimal, Koperasi kita masih dapat memperoleh Sisa Hasil Usaha yang jauh lebih meningkat dari tahun sebelumnya dari target yang telah kita rencanakan.
  8. Pada tahun 2021 ini juga telah dilakukan kenaikan gaji bagi karyawan sebesar Rp.250.000 dan seterusnya akan kita laksanakan pada hari-hari berikutnya.

Usaha pemantapan dan pengembangan lembaga terus kita tingkatkan seiring dengan kebutuhan dari penghargaan dari perkembangan zaman agar pelayanan kepada anggota kita maupun calon anggota memenuhi dengan efektif dan efisien sehingga tercipta sinergitas antara satu dengan yang lainnya.

Untuk mewujudkan usaha tersebut, pengurus senangtiasa berusaha secara bertahap untuk meningkatkan kualitas kantor pelayanan, baik kantor pelayanan cabang dan kantor pelayanan cabang pembantu dan melengkapi sarana penunjang untuk meningkatkan kinerja cabang dan cabang pembantu, baik dari peningkatan pemanfaatan teknologi informasi. Salah satunya adalah pada tahun 2021 telah kita menyelesaikan dan akan kita mempergunakan ditahun 2022 ini untuk bekerjasama dengan PT. Befindo dalam penggunaan sistem scoring kredit.

Juga peningkatan kualitas sumber daya manusia melalui training dan pendidikan yang dilakukan oleh internal Ksp. Berkat maupun eksternal. Begitu pula dengan manejer, Kepala Cabang dan Kepala Cabang Pembantu seluruhnya telah dilakukan uji kompetensi dan disertifikasi oleh Badan Sertifikasi Nasional, Lembaga seritifikasi profesi, koperasi dan jasa keuangan . Dan pada tahun 2021 ini, Manejer, Asisten Manejer dan seluruh Kepala Cabang dan Kepala Cabang Pembantu telah uji sertifikasi dan mendapatkan sertifikasi dari Badan Sertifikasi Nasional Lembaga sertifikasi profesi tersebut.

Turut hadir dalam RAT KSP. Berkat yang ke 54, Kadis Koperasi dan UKM Sulsel, Abdul Malik Faisal, Para Kepala Dinas yang membidangi Koperasi dan UKM Se Sulawesi, Ketua Dekopinda Kabupaten Bulukumba, Forkopimda dan undangan lainnya. (**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.