Hindari Sawah Gagal Panen Karena Kekeringan, Perlu Gotong Royong Perbaiki Bendungan Batu Kolocci

JENEPONTO, Aliefmedia.com – pentingnya taat kepada pemimpin dan menjaga persatuan dan kesatuan yang dibingkai dalam kegiatan gotong royong. Hal tersebut sebagaimana disampaikan
Penyusun bahan materi penyuluhan KUA Kecamatan Tarowang, Akhmad, S. HI, saat memberikan sosialisasi kepada seluruh elemen masyarakat Desa Bontorappo, beberapa hari yang lalu.

Untuk peningkatan taraf hidup masyarakat terkhusus para petani, Kepala Desa Bontorappo Baharuddin Dg Mange berkata, perlu adanya kegiatan gotong royong seluruh lapisan masyarakat di bendungan Batu Kolocci di Desa Bonto parang perbatasan Desa Bontolebang.

Masih kata Baharuddin Dg Mange, bahwa Bendungan Batu Kalocci menjadi sarana irigasi harapan masyarakat sebelum adanya Bendungan Kareloe.

Bendungan Batu Kalocci inilah yang bisa mengairi beberapa Desa seperti Desa Bonto Parang, Desa Bontorappo, Desa Pao dan Desa Bungeng.

Sementara itu, Sertu Suardi S. selaku Babinsa Desa Bontorappo juga turut melakukan pendampingan kepada Pemerintah Desa dan masyarakat sebagai upaya untuk mempelopori kegiatan gotong royong dalam perbaikan bendungan Batu Kolocci untuk memenuhi kebutuhan air pada pengairan persawahan para petani di Desa Bontorappo sebagai daerah binaannya.

Salah seorang tokoh masyarakat Dusun Punagaya
H.Syamsuddin Dg Tengan berharap supaya pengairan kedepannya bisa menjadi lancar sehingga pengairan pada persawahan masyarakat Desa Bontorappo dapat terpenuhi.

Pentingnya dihidupkan kembali gotong royong, juga ditanggapi oleh Sambas Dg Takle Ketua Tani Dusun Bontorappo.

“Saya berharap kegiatan seperti gotong royong perlu digalakkan kembali, karena merupakan budaya kita yang sudah mulai diabaikan oleh masyarakat,” ungkap Sambas Dg Takle Ketua Tani Dusun Bontorappo.

Kelancaran irigasi tepat sasaran ke sawah – sawah masyarakat bisa berjalan lancar bila didukung oleh para mandor-mandor air irigasi yang bekerja dengan penuh rasa tanggung jawab.

Pemerinta Desa Bontorappo harus memperhatikan insentif mereka, karena ditangan merekalah kunci dari kelancaran irigasi yang lancar dan tepat sasaran. ungkap Nurdin Dg La’bang iman Dusun sarroanging .

Kepala Desa dan seluruh lapisan masyarakat Desa Bontorappo berharap agar pemerinta Daerah Kabupaten Jeneponto kiranya dapat memberikan bantuan alat berat melalui Dinas PU untuk melakukan pengerukan bendungan Batu Kolocci.

Pemda Jeneponto wajib lakukan ini, karena merupakan kebutuhan yang sangat mendesak bagi petani. Saat ini sawah-sawah para petani sudah kekeringan dan masyarakat sudah banyak yang berkeluh kesah karena kekeringan masih berkepanjangan. (Akhmad Rewa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.