Kepala Kesbangpol Jeneponto Ajak Ormas Dan LSM Bersinergi Dengan Pemerintah

JENEPONTO, Aliefmedia.com – Kepala Kantor Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Jeneponto Syarbini Mattewakkang mengajak kepada para pimpinan organisasi kemsyarakatan (Ormas) dan dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) di Kabupaten Jeneponto untuk bersinergi dengan pemerintah daerah.

” Saya mengajak pimpinan ormas dan lembaga swadaya (LSM) di Jeneponto untuk bersinergi dengan pemerintah daerah,” ucap Syarbini saat ditemui awak media, Rabu 2/3/2022.

“Sinergitas yang kita jaling sangat penting, karena kedua lembaga tersebut menjadi sarana dalam membantu pemerintah demi suksesnya pembangunan,” kata Syarbini Mattewakkang.

Lanjut kata Syarbini, hak berserikat dan berkumpul diatur oleh undang- undang (UU), dan merupakan hak asasi manusia (HAM).

Menurutnya, wadah dalam menjalankan kebebasan berpendapat salah satunya adalah organisasi kemasyarakatan (ormas), tujuannya bisa membantu bekerja sama dengan pemerintah dalam menjalankan pembangunan.

“Forum Komunikasi dan Konsultasi Ormas-LSM sangat penting, dan pihak Kesbangpol bertanggungjawab atas semua perkembangan ormas-ormas yang ada,” kata Syarbini.

Syarbini pun berharap, setiap perkembangan ormas harus dilaporkan pada Kesbangpol, sehingga terjalin komunikasi yang baik antar institusi.

Syarbini menjelaskan, komunikasi sangat penting, karena saat ini perang bukan perang konvensional, tapi perang melalui media dan perang issu.

“Efek komunikasi massa terhadap individu, yaitu ekonomi, sosial, penjadwalan kegiatan, konflik komunal, perkelahian, dan bentrokan,” kata Karaeng Lompo sapaan akrabnya.

Ditambahkan, saat ini peran Ormas dan LSM harus bisa menempatkan diri dan bisa memberikan sumbangsihnya kepada pemerintah daerah.

Apalagi masyarakat di Desa masih belum bisa mengikuti hal tersebut, khususnya dalam mengawasi Dana Desa, terang Syarbini.

Komunikasi Ormas dan LSM harus yang bagus, lanjutnya, sehingga akan membuat semua menjadi bagus, sebaliknya komunikasi yang tidak bagus, akan menjadikan semua berantakan, tegasnya.

Oleh karena itu, mari kita wujudkan ormas dan LSM yang berkualitas guna menumbuhkan partisipasi masyarakat dalam pembangunan dan sebagai bentuk koordinasi, dan komunikasi antar institusi, Bbebernya. (AMN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.