GERMAS (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat)

Jeneponto, Aliefmedia.com – Petugas Puskesmas Arungkeke melakukan kegiatan promosi kesehatan yang diberi nama “kegiatan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS), Kamis 16/06/2022 di Aula Kantor Desa Kampala Kecamatan Arungkeke Kabupaten Jeneponto.

Ahlia Nur, AD saat di konfirmasi awak media ini menjelaskan, bahwa Kegiatan ini bertujuan untuk merobah pola hidup masyarakat agar bisa hidup lebih sehat.

Lanjut kata Ahlia Nur, Kegiatan GERMAS ini memiliki 3 kegiatan pokok yakni ;

  1. Giat melakukan pemeriksaan kesehatan. Berupa pengukuran tinggi badan, berat badan, lingkar perut dan gula darah.
  2. Senam Kesegaran Jasmani. Sebelum senam penyuluhan tentang gerakan masyarakat hidup sehat. setelah senam masyarakat bisa mengkonsumsi buah dan sayuran yang sudah disiapkan oleh tim petugas promosi kesehatan.
  3. Penyuluhan GERMAS.

Menurutnya, sasaran kegiatan GERMAS ini adalah agar semua masyarakat berfokus pada kantor Desa, karena pemerintah Desa (Pemdes) Kampala yang akan mengundang masyarakatnya untuk mengikuti kegiatan program Germas ini. ucapnya.

Ditambahkannya, bahwa Promosi kesehatan pada Masyarakat ini sebagai berikut :

  1. Penyuluhan masyarakat di setiap Desa.
  2. Pembinaan kesehatan kerja, para pekerja dibina dan diperiksa kesehatannya untuk mengontrol kesehatan.
  3. Pos Pelayanan terpadu sebagai tempat pelayanan kontrol kesehatan secara berkala.

Sejauh ini kami belum menemukan Penyakit yang terdeteksi di masyarakat. Nah, dengan adanya kegiatan ini adalah hipertensi atau DM penyakit yang tidak menular dan sudah mendapat kunjungan dari tim Puskesmas Bunda Rita yang memiliki program yang menangani penyakit menular, Kata Ahlia Nur.

Harapan kepala Puskesmas Arungkeke dengan adanya kegiatan GERMAS agar supaya masyarakat dapat membudidayakan pola hidup yang sehat bukan pola hidup yang kurang sehat segera di tinggalkan,

Kami bekerja sama dengan lintas sektoral dengan Pemdes selaku kepala Desa di wilayah Desa agar Germas bisa berjalan lebih optimal.

Ditempat yang sama Kepala Dusun Buntulu Desa Kampala Mustari, sangat mendukung kegiatan Germas karena ada perkembangan dari segi pola hidup sehat dan pelayan kesehatan yang semakin baik.

Kami selaku pemerintah Dusun Buntulu, kedepan kegiatan ini diharapkan dapat ditingkatkan lagi agar masyarakat semakin memiliki kesadaran tentang betapa pentingnya menjaga pola hidup yang sehat. Bebernya. (AMN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.