Bupati Bantaeng Melepas 85 Orang JCH Bantaeng

Bantaeng, Aliefmedia .com – Bupati Bantaeng, DR Ilham Azikin melepas 85 Calon Jemaah Calon Haji (JCH) asal Kabupaten Bantaeng, di Balai Kartini, Selasa, 21 Juni 2022.

Para JCH ini adalah mereka yang sempat tertunda keberangkatannya akibat Pandemi Covid-19, tahun lalu.

Ilham Azikin berpesan kepada seluruh JCH agar senantiasa menjaga kebersamaan dan persaudaraan selama berada di tanah suci.

Bupati Bantaeng menyebut, hanya dengan kebersamaan, maka sesama jemaah haji akan saling melindungi saat berada di tanah suci.

“Ikuti petunjuk dari tim pembimbing dan pendamping karena JCH, yang nantinya akan bertemu dengan jutaan umat yang berasal dari berbagai Negara,” jelas Ilham Azikin .

“Saya berharap agar para JCH senantiasa menjaga kesehatan selama menjalankan beribadahnya,” harap Bupati Bantaeng.

Semoga para JCH tidak mengalami kendala selama berada di tanah suci sehingga bisa beribadah dengan khusyuk, kata Ilham Azikin

Lanjut kata Ilham Azikin, untuk itu, Saya menitipkan pesan, agar para JCH senantiasa menjaga nama baik daerah ini. Menurutnya, para JCH ini adalah simbol representasi perwakilan Indonesia.

“Semoga ALLAH SWT senantiasa melindungi segala aktifitas selama melaksanakan ibadah. Dan JCH kembali menjadi Haji yang mabrur menjadi tauladan bagi masyarakat Bantaeng,” ujarnya.

Ilham Azikin menambahkan, para JCH yang berangkat ini adalah orang – orang yang memenuhi panggilan – Nya. Menurut Azikin , bahwa kesempatan untuk berhaji saat ini sangat sulit, ditengah pembatasan jemaah haji hingga 45 %.

“Harusnya Bantaeng memiliki 182 jatah pemberangkatan. Akan tetapi karena kebijakan dari Pemerintah Arab Saudi hanya 45 % dari kuota normal, sehingga hanya 85 JCH yang dapat kita berangkat,” jelasnya.

Ditempat terpisah, Kepala Kantor Kemenag Bantaeng, M. Ahmad Djailani kepada awak media ini menjelaskan, JCH asal Bantaeng berjumlah 85 orang terdiri dari 49 orang perempuan dan 36 orang laki-laki.

JCH tersebut tergabung dalam kloter 5 embarkasi Makassar gelombang kedua. Para JCH ini akan diterima di Asrama Haji Sudiang  pada tanggal 21 Juni 2022 , terbang pada tanggal 22 Juni 2022.

Ahmad Djailani menambahkan, total waiting list di Bantaeng sejak 2010 hingga juni 2022 saat ini sebanyak 8.199 CJH dengan daftar tunggu 97 tahun.

“Jika mengikuti estimasi pemberangkatan saat ini, daftar tunggu di Bantaeng itu sampai 96 tahun. Kalau normal, bisa mencapai 45 tahun,” paparnya. (Ramli, R)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.