Nakes dan Masyarakat Kabupaten Jeneponto Sebagai Pahlawan Kesehatan

Jeneponto, Aliefmedia.com – Sekda Muh. Arifin Nur sebut peran tenaga kesehatan (Nakes) dan masyarakat di Jeneponto sebagai pahlawan kesehatan, Selasa (12/07/2022).

Hal itu disampaikan oleh Sekda H. M. Arifin pada kegiatan uji Klinis Fase 3 Vaksin COVID-19 Buatan Bio Farma di Puskesmas Binamu Kota.

Alhamdulillah uji klinis ini merupakan tahapan yang sangat penting untuk memastikan sebuah Vaksin memiliki mutu dan standar Internasional, olehnya kami berterima kasih kepada kementerian kesehatan, kepada FK Unhas, tenaga kesehatan dan masyarakat yang telah bersedia menjadi objek uji klinis, kita semua adalah pahlawan kesehatan,” ujar Sekda.

Sebelumnya diketahui Vaksin BUMN ini merupakan hasil kolaborasi global antara Bio Farma bersama Baylor College of Medicine, USA yang sudah terdaftar di tahap pengembangan kandidat vaksin WHO COVID-19 sejak Juni 2021 yang lalu.

Vaksin BUMN menggunakan teknologi Subunit Protein Rekombinan (protein Receptor Binding Domain / RBD), merupakan buatan Indonesia, dan akan digunakan sebagai vaksin primer, setelah mendapatkan Izin Penggunaan Darurat (Emergency Use Authorization / EUA) dari Badan POM pada akhir Juli 2022.

Pelaksanaan uji klinis fase 3, dilakukan setelah Bio Farma mendapatkan Persetujuan Pelaksanaan Uji Klinik (PPUK) untuk uji klinis fase 3, yang telah ditandatangani oleh Kepala Badan POM Penny K. Lukito, pada tanggal 6 Juni 2022.

Pada tahapan penting ini, Kabupaten Jeneponto menjadi salah satu daerah Yang mendukung dan terpilih sebagai center uji klinis fase 3 bekerja sama dengan FK Universitas Hasanuddin Makassar.

Harapannya, di tahun mendatang ke mandirian dan ketersediaan farmasi akan menjadi mudah didapat (accessible), terjangkau (affordable), tersedia pada saat di butuhkan (available) serta berkesinambungan (sustainable).

Turut hadir dirjen Farmalkes Dr. Apt. Rizka Andalucia. M.pharm, MARS, Bio Farma M. Rahman Rostam, Plt. Kadis Kesehatan H. Muhammad Jafar Abbas, Camat Binamu M. Emil Ilyas, dan Kepala Puskesmas. (HumasKominfoIKP- AMN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.