Turunan Gallarang Desa Barana Kecamatan Bangkala Barat Gelar Silaturahmi

Jeneponto, Aliefmedia.com – Turunan Gallarang Barana menggelar acara silaturahmi di Bonto Caku Desa Barana Kecamatan Bangkala Barat Kabupaten Jeneponto, Sabtu 30/07/2022.

Acara tersebut digelar oleh pengurus Kerukunan Keluarga Besar (KKB) Gallarrang Barana dengan mengusung tema “Bangkitnya Kembali Gallarrang Barana”.

Panitia pelaksana Askar Mansyur mengungkapkan, bahwa pelaksanaan kegiatan silaturahmi Gallarrang Barana ini memiliki simbol yang dicatat oleh sejarah dan sebagai momen yang paling tepat di nikmati semenjak era reformasi tercipta di Indonesia pada umumnya, Barana pada khususnya.

Bupati Jeneponto Drs. H. Iksan Iskandar, M.Si. dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Rahman Nara staf ahli bidang pembangunan dan kemasyarakatan Pemda Jeneponto, selengkapnya;

Saya atas nama pemerintah dan masyarakat Kabupaten Jeneponto berpesan kepada pemangku adat keturunan Gallarang Barana agar moments ini perlu di kembangkan.

Dan kedepannya mempunyai warna tersendiri untuk kebangkitan Gallarrang Barana ini. Di karenakan di Jeneponto sendiri sudah 2 kali digelar acara Gallarrang, Seperti di Kassi kala itu.

“Puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah Swt, karena kita masih sempat dipertemukan untuk mempererat tali silaturahim dan membangkitkan kembali pemangku adat di Desa atau keturunan Gallarrang,” Ucap Rahman Nara (Staf Ahli Bidang Pembangunan & Pemasyarakatan) yang mewakili sambutan Bupati.

Iksan Iskandar juga berpesan bahwa ”Pemerintahan itu berada dari masyarakat, oleh masyarakat dan untuk masyarakat,” Kata Rahman Nara di sambut tepuk tangan hadirin.

Di akhir sambutannya ia berharap agar tidak ada tumpang tindih antara pemangku adat dan pemerintahan desa baik konvensional atau pun dengan aturan yang ada saat ini. Dan agar dapat mewarnai pemerintahan untuk memakmurkan masyarakat Desa Barana Kecamatan Bangkala Barat Kabupaten Jeneponto,” Cetusnya.

Sementara itu, Ketua Perkumpulan Kerukunan Keluarga Turunan Barana H. Muhammad Yusuf S Daeng Jarre Mengatakan, bahwa Barana sejak dari dulu sudah ada dan hampir semua Raja-raja yang ada di Barana kalau mempunyai masalah di luar dan sudah masuk di Barana maka sudah pasti aman dan tidak akan ada yang mengganggu. Di karenakan Barana sendiri adalah daerah yang sangat terisolir.

”Barana dari dulu ada, jadi Barana itu tanah tua, Barana itu tanah perjuangan. Hampir semua Raja-raja di Barana yang memiliki masalah pasti aman insya Allah, tidak akan ada lagi yang ganggu dan tidak ada belanda yang bisa masuk apalagi yang namanya mau macam – macam”.
H.Muhammad Yusup juga mengungkapkan, Barana itu orang pemberani tetapi tidak jua pemarah seperti dikatakan banyak orang,” Imbuhnya.

Seperti diketahui Kerukunan Keluarga Turunan Barana ini telah memperoleh keabsahan kedudukan dari Kementerian Hukum & HAM melalui Dirjen AHU di Jakarta pada tanggal 14 Februari 2022 lalu.

Sementara itu Kepala Kesbangpol Kabupaten Jeneponto Syarbini Mattewakkang. S,P yang mewakili Kerajaan Binamu, mengapresiasi Gallarrang Barana ini sebagai suatu budaya yang bersifat lokal dalam perayaan Budaya Nusantara dan sebagai bentuk untuk mempersatukan Kesatuan Bangsa.

“Kami mengapresiasi kegiatan seperti ini karena sebagai suatu Media Komunikasi mempersatukan masyarakat khususnya masyarakat Kabupaten Jeneponto,” Harapnya.

Ia juga mendorong daerah- daerah lain atau wilayah untuk membentuk suatu paguyuban/komunitas yang berbasis budaya.

Karena sebagai suatu elemen yang sangat penting untuk mempersatukan komunitas masyarakat budaya.

Turut hadir dalam acara tersebut, Dandim 1425 Jeneponto yang di wakili oleh Kaften inf. Abdul Hakim Rewa, Kapolres Jeneponto, Raja Gowa Andi Kumala Ijo yang di wakili oleh Andi Sony Kr.Tinggi Mae, Tokoh adat Kerajaan Bangkala yang di Wakili Oleh H.Annas Kalanna. Karaeng Bulukumba Kr.Kajang, Karaeng Galesong Kr.Maja. Karaeng Bajeng, FKPPM Takalar, Kepala Desa Barana Haeruddin, Tokoh Pemangku Adat Barana, Tokoh Perempuan, Karang Taruna dan Masyarakat Desa Barana sendiri.

Hal tersebut diatas disampaikan oleh Andi Pangerai ke.Rani melalui pesan WhatsApp kepada aliefmedia.com siang tadi Ahad, 31 Juli 2022. (Ramil Sain)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.