Andi Makkasau Hadiri Peringatan Hari Koperasi Nasional di Bantaeng

Dr.Andi Makkasau Memberikan Sambutan.(foto : Sulhaji Hamid)

————————————————

BANTAENG, Aliefmedia.com – Peringatan Hari Koperasi Nasional Ke-76 tahun 2023 tingkat Kabupaten Bantaeng dilaksanakan hari ini, Rabu (6/9/2023) pagi.

Dengan tema, “Membangun Koperasi berbasis kearifan lokal menuju ekonomi gotong royong yang mandiri, modern dan berdigital”, kegiatan tersebut terlaksana di Gedung Balai Kartini Kabupaten Bantaeng.

Dalam sambutannya, Dr. Ir. H. Andi Makkasau,.ST,MM tampil mewakili Ketua Dekopinwil Sulsel menyebut, bahwa gerakan koperasi adalah bagian dari peningkatan kesejahteraan nasional.

Andi Makkasau yang akrab disapa Karaeng Lompo juga mengapresiasi Pemerintah dan masyarakat Bantaeng, sebab Gerakan koperasi terbesar di Sulawesi selatan adalah Bantaeng. Terlebih lagi karena pada tahun ini perayaannya lebih baik dan sangat meriah yang dihadiri oleh masyarakat terkhusus Bupati Bantaeng.

Andi Makkasau yang saat ini menjabat sebagai Ketua Bidang Permodalan dan Jasa Keuangan Dekopinwil Sulsel dan juga menjabat sebagai Ketua KSP. Berkat Bulukumba dihadapan hadirin menyampaikan rasa bangganya menjadi pengurus koperasi dan sebagai anggota Koperasi.

“Kami bangga menjadi Pengurus dan anggota koperasi karena kita mempunyai peranan penting dalam merubah ekonomi nasional menjadi lebih baik,” jelas Karaeng Lompo.

Masih kata Andi Makkasau, bahwa saat ini kaum milenial berpotensi besar untuk melakukan kemajuan teknologi berbasis digital dalam pengembangan koperasi.

Diakhir sambutannya, Karaeng Lompo berharap kepada Pemerintah Bantaeng agar dapat membantu DEKOPINDA dalam hal pendidikan SDM gerakan koperasi agar lebih baik lagi kedepannya.

Sementara itu Menteri Koperasi dan UKM RI dalam sambutannya yang dibacakan oleh Bupati Bantaeng, Dr. H. Ilham Syah Azikin,M.Si menyampaikan, bahwa Pemerintah saat ini fokus pada pengembangan Koperasi sektor riil guna membangun ekonomi anggota dan masyarakat yang lebih luas. Hal ini karena dari sisi peluang Koperasi sektor riil mempunyai banyak potensi mulai dari pertanian, peternakan, perikanan, perdagangan, jasa, pariwisata dan banyak macam usaha lainnya.

“Setiap wilayah, Kota/Kabupaten di Indonesia pasti memiliki potensi unggulan, komoditas, kerajinan, destinasi wisata atau lainnya. Koperasi sektor riil harus menjadi pemain utama dalam potensi unggulan tersebut, tujuannya agar manfaat dan nilai tambah yang dihasilkan dapat sebesar-besarnya terdistribusi kembali ke anggota dan masyarakat di wilayah tersebut”, pesan Menteri Teten Masduki.

Menjelang masa jabatannya berakhir, Bupati Bantaeng menitip pesan agar koperasi di jaga dan di kembangkan lagi serta meminta maaf atas kekurangan dan kehilafan selama menjabat di Kabupaten Bantaeng.

Dalam kesempatan itu pula Bupati berterima kasih kepada para penggiat koperasi dan sangat bangga dengan adanya koperasi di Bantaeng yang telah menjadi satu penopang untuk kemajuan Kabupaten Bantaeng.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Pimpinan dan unsur Forkopimda Kabupaten Bantaeng, Kepala Kementerian Agama Kabupaten Bantaeng, Lembaga Perbankan dan Pembiayaan dalam Kabupaten Bantaeng. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.