Bakesbangpol – PDNA Bulukumba Fasilitasi Lokakarya Penyusunan SOP OMS

BULUKUMBA, Aliefmedia.com – Pimpinan Daerah Nasyiatul Aisyiyah (PDNA) Bulukumba bersama Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Bulukumba memberikan lokakarya Penyusunan standar operasional prosedur (SOP) bagi organisasi masyarakat sipil (OMS) di Kabupaten Bulukumba. Kegiatan ini berlangsung di rumah makan Grand 99 Lantai 2 Sabtu (7/10/2023).

Dalam lokakarya ini ada juga sharing praktik baik dalam mengakses sumber-sumber pendanaan serta peserta diajarkan menyusun perencanaan strategi penggalangan dana.

Ketua umum PDNA Bulukumba Satnawati mengatakan, bahwa kegiatan ini sebagai bentuk komitmen pemerintah daerah dalam pembinaan dan pemberdayaan OMS di Kabupaten Bulukumba.

“Semoga setelah lokakarya ini OMS mendapatkan pembelajaran sehingga dapat menyusun dan menerapkan SOP masing-masing dilembaganya, karena SOP ini sangat membantu dalam menjalankan organisasi menjadi lebih efektif dan profesional dan sebagai tindak lanjut dari kegiatan ini adalah akan dilaksanakan pendampingan penyusunan dokumen kelembagaan melalui SITOMAS, sehingga diharapkan para OMS yang hendak di dampingi agar berkonsultasi dengan Kesbangpol,” harap Satna.

Kepala Bakesbangpol Ahmad Arfan juga menyampaikan,” mulai dari sekarang harus berbenah melengkapi semua dokumen kelembagaannya karena itu mutlak sebagai persyaratan dalam mengakses pendanaan, baik dari Pemerintah,private sektor dan Lembaga donor lainnya, dan Berharap PDNA Bulukumba agar terus berkolaborasi dg Kesbangpol dalam melakukan pembinaan OMS dari segi dokumen kelembagaan dan berharap juga PDNA bisa berbagi Pengalaman juga dengan OMS lainnya,” harapnya.

Persatuan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) salah satu peserta mengatakan,” sangat luar biasa kegiatan ini, semoga kami dari organisasi disabilitas juga bisa melengkapi dokumen lembaga serta mengakses anggaran untuk program- program kerja kedepannya yang di dampingi melalui program SITOMAS sebuah program inovasi yang di buat oleh Bakesbangpol- bersama PDNA Bulukumba,” ujar Suherman.

Pada kegiatan ini menghadirkan narasumber Kepala Bakesbangpol Ahmad Arfan, Musaddaq, Serta dari PDNA Bulukuamba Satnawati dan Andi Nurhikmah.

Kegiatan ini di ikuti oleh puluhan OMS yang ada di Bulukumba. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.