Gelar Sosialisasi, Bawaslu Bulukumba Tekankan Pentingnya Keterlibatan Masyarakat dalam Awasi Pemilu

BULUKUMBA, Aliefmedia.com – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Bulukumba melaksanakan sosialisasi pengawasan partisipatif Pemilu pada masyarakat, Sabtu (21/10/2023) di RM HDR Bulukumba.

Ketua Bawaslu Bulukumba, Bakri Abubakar menjelaskan, jika sosialisasi tersebut dimaksudkan untuk mengajak masyarakat agar ikut serta aktif dalam pengawasan partisipatif pada Pemilu 2024 mendatang.

Bakri menambahkan selain melaksanakan pengawasan secara langsung, pengawasan partisipatif juga bertujuan untuk membantu Bawaslu Bulukumba dalam melaksanakan kegiatan pengawasan terlebih Bawaslu terbatas secara sumber daya.

“Kita harapkan agar semua stakeholder dan masyarakat dapat terlibat aktif dalam Pemilu 2024 dan menjadi bagian dari menyukseskan pengawasan,” ujarnya.

Ditempat yang sama Anggota Bawaslu Bulukumba, Awaluddin mengungkapkan jika berbagai cara telah dilakukan Bawaslu guna menggalang partisipasi masyarakat dalam mengawasi pemilu.

“Berbagai kegiatan telah dilakukan Bawaslu, seperti menyasar pemilih pemula, kaum disabilitas, media, membentuk desa pengawasan dan anti politik uang, Pramuka saka adhyasta pemilu, dan kali ini menyasar kelompok masyarakat dari berbagai organisasi masyarakat, organisasi pemuda, LSM dan kelompok perempuan,” urai Awaluddin.

Kita berharap partisipasi aktif masyarakat dalam mengawasi pemilu, agar kualitas demokrasi kita kedepan semakin baik, tambahnya.

Kegiatan sosialisasi pengawasan partisipatif Pemilu pada masyarakat ini di ikuti oleh sejumlah ormas seperti nahdatul ulama beserta badan organisasi otonomnya, dan Muhammadiyah beserta organisasi otonomnya serta organisasi keagamaan, OKP, kelompok perempuan dan media.

Turut hadir sebagai narasumber Dosen Sosiologi Fisip UNHAS, Dr. Muh. Iqbal Latief serta Abdul Rahman, Anggota Bawaslu Bulukumba Periode 2018-2023. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.