KJRI New York Gaungkan Pemilu Damai

JAKARTA, Aliefmedia.com – Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di New York, Amerika Serikat dan penyelenggara pemilu menggelar sosialiasasi pemilu damai. Konsul Jenderal RI Winanto Adi mengatakan ada 50 negara menggelar pemilu tahun ini, diantaranya Indonesia. 

Konjen mengajak WNI di New York untuk mensukseskan pemilu dengan menghadirkan pemilu damai. Menurut Winanto Adi, eskalasi politik meningkat merupakan hal yang wajar karena terjadi pula di negara lain. 

“Jangan sampai kita terjebak pada hingar bingar pemilu sesaat. Kita jangan melupakan agenda kehidupan berbangsa dan bernegara yang lebih besar di masa depan,”kata Konjen dalam sambutannya seperti dalam keterangan tertulis yang diterima oleh rri.co.id Sabtu (20/1/2024).

Berdasarkan data dari Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) di New York, ada 11.141 pemilih didaftar pemilih tetap (DPT). Adapun rinciannya, dari 6.647 pemilih melakui pos, sementara sisanya akan memilih di TPS New York, Kotak Suara Keliling (KSK) di Philadelphia dan di Dover.

Pencoblosan di wilayah kerja KJRI New York lebih awal ketimbang Tanah Air yaitu tanggal 6 Februari 2024 di Philadelphia. Pencoblosan dipusatkan di Aquinas Center, negara bagian Pennsylvania, lalu pencoblosan di Dover di pusatkan di Dover Elks pada 8 Februari, Dover Elks adalah negara bagian New Hampshire.

Pencoblosan di New York City, sebuah negara bagian New York dipusatkan di Sound River Studio, Long Island City, pada 10 Februari 2024. Adapun untuk penghitungan suara , diselenggarakan di KJRI New York pada 14 Februari 2024. 

Kegiatan pemilu damai, dihadiri oleh sekitar 50 orang, WNI yang tinggal di luar New York, seperti di Philadelphia, Connecticut dan New Hampshire mengikuti secara daring. 

Adapun penyelenggara pemilu yang hadir yakni Ketua PPLN Indriyo Sukmono, dan Wakil dari Panwaslu New York Hilman Beyri. (KBRN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.