Muhammadiyah Tetapkan 1 Ramadhan pada Hari Senin, 11 Maret 2024, Berbeda dengan Pemerintah

JAKARTA, Aliefmedia.com – Muhammadiyah, organisasi Islam terkemuka di Indonesia, telah menetapkan awal bulan Ramadhan pada hari Senin, 11 Maret 2024. Keputusan ini berbeda dengan pemerintah yang menetapkan awal Ramadan pada hari Selasa, 12 Maret 2024.

Penetapan awal Ramadhan oleh Pimpinan Pusat Muhammadiyah didasarkan pada hisab, yaitu perhitungan astronomi untuk menentukan posisi bulan. Pihak Muhammadiyah menyatakan bahwa hasil hisab menunjukkan bahwa awal bulan Ramadhan jatuh pada tanggal 11 Maret 2024.

Meskipun pemerintah biasanya mengacu pada metode rukyat, yaitu pengamatan langsung kali ini ada perbedaan pendapat antara Muhammadiyah dan pemerintah terkait penentuan awal Ramadan.

Perbedaan sejauh ini, baik Muhammadiyah maupun pemerintah berharap agar keputusan ini tidak menimbulkan perpecahan dan tetap menjaga persatuan umat Islam dalam menjalani ibadah puasa Ramadan.

”Meski ada potensi perbedaan pada awal Ramadhan, Idul Fitrinya kemungkinan akan seragam,” kata Profesor Riset Astronomi-Astrofisika Badan Riset dan Inovasi Nasional, Thomas Djamaluddin, di Jakarta, Jumat (8/3/2024). Idul Fitri kemungkinan akan jatuh pada Rabu, 10 April 2024.

Sementara itu Juru Bicara Kementerian Agama Anna Hasbie menyampaikan pesan untuk masyarakat terkait adanya perbedaan awal puasa Ramadhan tahun ini.

Kementerian Agama mengimbau masyarakat untuk mengedepankan sikap saling menghormati terhadap perbedaan awal puasa Ramadhan 1445 Hijriah.

“Kita hormati pilihan dan keyakinan umat Islam dalam mengawali puasa Ramadhan 1445 H/2024 M. Sikap saling menghormati perlu dikedepankan dalam menyikapi perbedaan,” kata Anna dalam keterangan resmi, dikutip (9/3/2024).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.