Petugas Gabungan TNI-Polri Geledah Lapas Bulukumba

BULUKUMBA, Aliefmedia.com — Personel Satuan Samapta Polres Bulukumba melaksanakan kegiatan penggeledahan didalam Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Bulukumba pada Selasa malam 27 Agustus 2024.

Kegiatan ini merupakan penggeledahan rutin yang dilaksanakan oleh Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Bulukumba Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan.

Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Kalapas Bulukumba Mut Zaini bersama AKP Baharuddin Kasat Samapta Polres Bulukumba dan Letda Sirajuddin KasubdenPOM Bulukumba.

Kasi Humas Polres Bulukumba AKP H.Marala menyebut 9 personel dari Sat Samapta dipimpin Kasat Samapta AKP Baharuddin membackup petugas Lapas melaksanakan penggeledahan rutin didalam Lapas.

“Selain Polres Bulukumba, pihak Lapas juga melibatkan anggota Kodim 1411/Blk dan Anggota SubdenPOM XIV/Blk dalam penggeledahan ini,” ungkap AKP Marala. Kamis (29/8/2024) Kemarin

“Tujuan kehadiran Polri dan TNI pada kegiatan ini juga dalam rangka pengamanan dan memastikan kegiatan berjalan aman, lancar dan kondusif,” sambungnya.

Petugas gabungan mulai melaksanakan proses penggeledahan dimulai dengan pemeriksaan badan terhadap warga binaan secara satu per satu, dilanjutkan dengan penggeledahan barang-barang yang berada di dalam kamar hunian.

Keterangan resmi pihak Lapas Bulukumba menyebut, dari hasil penggeledahan tersebut, petugas menemukan beberapa barang yang tidak diperbolehkan, antara lain 6 buah sendok besi, 1 buah kipas portable, 3 batang besi, 2 buah cutter, 4 buah silet, 2 roll tali pengukur/penimbang bahan bangunan, 1 buah gelas kaca, 2 buah piring kaca, dan 2 buah cermin.

Kemudian barang-barang hasil temuan tersebut selanjutnya dikeluarkan dan diamankan oleh pihak Lapas Bulukumba.

Kasat Samapta Polres Bulukumba, AKP Baharuddin yang turut serta dalam kegiatan ini mengapresiasi sinergi atau kerja sama yang baik dengan Lapas Bulukumba dan TNI.

“Sinergitas antara Lapas, TNI, dan Polri sangat penting untuk menjaga keamanan dan ketertiban. Kami berkomitmen untuk terus mendukung segala upaya yang dilakukan oleh Lapas Bulukumba,” ungkapnya.

Sementara Kalapas Bulukumba Mut Zaini mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memastikan bahwa tidak ada barang-barang terlarang yang berbahaya di dalam Lapas, seperti handphone, narkoba, senjata tajam, dan barang terlarang lainnya. Selain itu, penertiban kamar juga dilakukan untuk menjaga kebersihan dan keteraturan lingkungan blok dan kamar hunian.

Mut Zaini juga mengimbau kepada seluruh warga binaan untuk tetap mematuhi aturan yang yg berlaku, dengan tidak menggunakan barang-barang terlarang di dalam blok hunian, serta menjaga kebersihan dan ketertiban lingkungan tempat tinggal mereka.

Pada kegiatan ini beberapa awak media dari media online, televisi dan media cetak turut hadir menyaksikan jalannya penggeledahan didalam Lapas Bulukumba.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.