Babinsa Koramil 1425-01/Binamu Ajak Pedagang Gotong Royong Pembersihan Lingkungan Pasar

JENEPONTO, Aliefmedia.com – Upaya menghindari kekumuhan di lingkungan pasar tradisonal Babinsa Koramil 1425-01/Binamu Kodim 1425/Jeneponto Serda Agusalim megajak para Pedagang bergotong royong membersihkan sampah di seputaran Pasar Tradisional Karisa Lingk. Karisa Kelurahan Empoang Kecamatan binamu Kabupaten Jeneponto dengan Luas 200 meter, Senin 21/10/2024.

Karya Bhakti pembersihan pasar tradisional ini merupakan bentuk keterlibatan nyata TNI dalam pemeliharaan fasilitas umum serta lingkungan sekitar. Semangat gotong-royong antara TNI dan para pedagang serta kepala pasar trlihat sangat mengebu gebu, terlihat dari antusias dari para pedagang dalam membersihkan sampah plastik dan daun kering yang berada di sekitaran lapak mereka.

Kegiatan ini bertujuan untuk mengajak para pedagang peduli akan kebersihan lingkungan untuk agar pasar tradisional Karisa tidak terlihat jorok dan kumuh.

Dalam kegiatan karya bakti tersebut Babinsa Sertu Agusalim menyampaikan bahwa kegiatan pembersihan pasar tradisional ini digelar sebagai bentuk kepedulian TNI Khususnya Babinsa Jajaran Koramil 1425-01/Binamu Kodim 1425 Jeneponto untuk menjaga dan mengajak para pedagang untuk peduli dengan kebersihan pasar.

Selain itu kegiatan tersebut merupakan hal positif yang bertujuan membangun kesadaran masyarakat dalam menumbuhkan semangat gotong royong, ungkapnya.

“Hari ini kita melaksanakan Karya Bakti Pembersihan Pasar tradisional karisa sekaligus mengajak para pedagang untuk menjaga kebersihan pasar agar tidak terlihat jorok dan kumuh, tentunya para pelanggan pun akan merasa nyaman untuk berbelanja di pasar tradisional ini apabila pasar dalam keadaan bersih dan rapi, akan tetapi bila dibiarkan maka pasar tradisional ini akan kelihatan kumuh dan tetunya akan berpengaruh terhadap pendapatan para pedagang yang melaksanakan aktivitas di pasar tradisional ini.” ucap Babinsa.

Sementara itu, Kepala pasar tradisional karisa menyampaikan apresiasinya terhadap inisiatif Babinsa dan partisipasi aktif para pedagang.

“Kerja sama antara TNI dan para pedagang seperti ini sangat penting untuk menjaga kebersihan pasar tradisional ini agar pasar kita ini tidak terlihat kumuh dan membangkitkan semangat berbelanja bagi para konsumen yang ada di Kabupaten Jeneponto, dimana pasar ini adalah tempat para pedagang menaruh harapan untuk meneruskan hidup, ” ungkapnya.

Salah satu Pedagang yang turut serta dalam kegiatan ini, mengungkapkan rasa senangnya bisa ikut berpartisipasi dalam pembersihan pasar tradisional karisa.

“Ini adalah kesempatan bagus untuk kita semua, terutama kami para pedagang untuk membersihkan lapak kami dan berbuat sesuatu yang bermanfaat bagi lingkungan kita untuk menjaga kebersihan dan keindahan pasar ini untuk membangkitkan semangat belanja konsumen, tentunya kami juga sangat senang dengan adanya kegiatan ini,” tuturnya.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.