Politeknik Pertanian Negeri Pangkep Kepulauan Program Studi Teknologi Pengolahan Hasil Perikanan Melaksanakan Kegiatan Pengabdian pada Masyarakat

Jeneponto, Aliefmedia.com – Politeknik Pertanian Negeri Pangkep Kepulauan Program Studi Teknologi Pengolahan Hasil Perikanan melaksanakan kegiatan Pengabdian pada Masyarakat, Sabtu 23/10/2021 di Aula Ponpes Mannilingi Desa Bulo-Bulo Kecamatan Arungkeke Kabupaten Jeneponto.

Syamsuar,S.Pi .M.Si, Direktur Pondok Pesantren Mannilingi Bulo-Bulo yang juga sebagai ketua panitia pelaksana dalam laporannya mengatakan, bahwa kegiatan ini berbentuk pelatihan yang berbahan dasar ikan yang terdiri dari 4 produk yaitu : Pelatihan Pembuatan Sosis Ikan Casing Bambu (SOSISCABU), Pelatihan Pembuatan Kornet Ikan dalam Bambu (KORIDABU), Pelatihan Pembuatan Dendeng Ikan Lumat Dan Pelatihan Olahan Hasil Perikanan Berbasis Tsukuda-Ni.

Syamsuar, S.Pi,M.Si juga melaporkan, bahwa jumlah peserta pelatihan terdiri dari masyarakat umum dan juga guru- guru pesantren Mannilingi sebanyak 40 orang peserta.

Ketua Panitia Pelaksana Kegiatan, Syamsuar. S.Pi. M.Si juga mengharapkan agar kegiatan ini dapat berlanjut dimasa yang akan datang, tentunya dengan pengolahan yang berbasis rumput laut, ucapnya.

Ir.Tasir, M.Si mewakili ketua Jurusan Teknologi Pengolahan Hasil Perikanan dalam sambutannya mengatakan, bahwa kegiatan pengabdian pada masyarakat ini merupakan salah satu tugas pokok dari Dosen.

Lanjut kata Ir.Tasir, M.Si, tugas pokok seorang Dosen adalah melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang terdiri dari melaksanakan pengajaran, melaksanakan penelitian dan melaksanakan pengabdian masyarakat.

Ir.Tasir.M.Si juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Desa Bulo- Bulo yang telah memberikan izin untuk melaksanakan kegiatan tersebut.

Selain itu, kita akan juga melaksanakan kerjasama dengan pemerintah desa Bulo-Bulo untuk melakukan pembinaan kepada masyarakat Desa Bulo-Bulo dalam hal kegiatan pengolahan yang berbasis rumput laut.

Hal ini kita lakukan untuk meningkatan pendapatan masyarakat Desa Bulo-Bulo, bebernya.

Pada Kesempatan yang sama, Kepala Desa Bulo-Bulo Andi Asrir Indrajaya.SH menyampaikan ucapan terima kasih atas ditunjuknya Desa Bulo- Bulo menjadi tempat untuk kegiatan pengabdian pada masyarakat dari kampus Politeknik Pertanian Pangkep.

“Saya sangat mengharapkan produk- produk yang di buat sebentar bisa menjadi salah satu produk unggulan untuk Desa Bulo-Bulo, “.ucapnya.

Karena itu, Andi Asrir Indrajaya berharap kepada para peserta agar benar benar mengikuti seluruh rangkaian kegiatan, sehingga ilmu dan keterampilan yang diperoleh dapat di manfaatkan di masa yang akan datang. Dan juga kerjasama dengan kampus politani dapat terus berlanjut, harapnya. (Syam).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.