JICA Jajaki Kerjasama Pengembangan Sektor Kepariwisataan

BULUKUMBA, Aliefmedia.com
Japan International Cooperation Agency (JICA) tengah menjajaki kerjasama Pengembangan Sektor Kepariwisataan di Kabupaten Bulukumba.

Peluang tersebut di kemukakan Project Formulation Adviser Indonesia Office Urita Ai saat melakukan audiensi dengan Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Bulukumba H. Daud Kahal, Selasa 25 Januari 2022 di Kantor Disparpora Jl. Lanto Daeng Pasewang.

Urita didampingi Program Assistant for Volunteer Section Indonesia Office Farah Aidiah.
Sementara Kadisparpora didampingi Kepala Bidang Kerjasama dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kepariwisataan Indah dan Pejabat Fungsional A. Aryono.

Urita menyampaikan adanya peluang kerjasama melalui JICA. Beberapa hal dapat dilakukan melalui pendampingan relawan untuk mendorong promosi wisata dan peningkatan SDM Sektor Kepariwisataan, Dinas Pariwisata menurutnya harus terlebih dahulu menyampaikan usulan melalui formulir yang disampaikan ke pihaknya.

“Kami sudah menjajaki peluang kerjasama dengan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan,” tambahnya.

Sementara itu, Kadis Pariwisata Pemuda dan Olahraga menyambut positif peluang yang ditawarkan JICA, tentu nantinya akan ditindaklanjuti melalui Memorandum of Understanding dengan Pemkab melalui Bupati Bulukumba jika kerjasama ini nantinya dapat diwujudkan.

Bulukumba memiliki banyak destinasi wisata baik pantai, pegunungan, dan budaya. Kunjungan wisatawan cukup besar baik lokal maupun mancanegara, dan capaian pendpaatan asli daerah di sektor ini juga menjadi andalah berkontribusi terhadap Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah, beber Daud Kahal.

Selain destinasi wisata yang dikembangkan pemerintah daerah, juga dilakukan pendampingan dalam rangka mendorong Pengelolaan wisata desa, A. Aryono menuturkan saat ini ada 15 desa wisata yang dibina bersama dengan Generasi Pesona Indonesia (GenPi), ujar Pejabat Disparpora ini. (**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.