Bupati Jeneponto Resmi Buka MTQ Tingkat Kabupaten Jeneponto yang ke 44 Tahun 2022

Jeneponto, Aliefmedia.com – Bupati Jeneponto Iksan Iskandar, resmi membuka Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) yang ke-44 tahun 2022 tingkat Kabupaten Jeneponto, Provinsi Sulawesi Selatan, di lapangan Sepak Bola Ba’balaka, Kelurahan Togo-Togo, Kecamatan Batang, Senin malam , 28/02/2022.

Hadir pada acara tersebut, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kakanwil Kemenag) Provinsi Sulawesi Selatan, H.Khaeroni, Wakil Bupati, Paris Yasir,SE.MM, unsur Forkopimda, Pj. Sekda, Pimpinan dan anggota DPRD, Ketua dan Wakil Ketua TP PKK Jeneponto, para Kepala OPD dan 1.785 peserta dari 11 Kecamatan se- Kabupaten Jeneponto.

H.Khaeroni , Kakanwil Kemenag Provinsi Sulawesi Selatan, dalam sambutannya mengatakan, Perkembangan kajian Al-Qur’an di Indonesia berkembang sangat pesat, namun tak banyak yang mengkaitkan ayat- ayat Alquran dengan sains.

“Dalam menjawab tantangan zaman, perwujudan peningkatan imam dan takwa harus diselaraskan dengan strategi pengembangan sains, guna menunjang keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa,” jelas kata H.Khaeroni.

Lanjut kata H.Khaeroni, dalam kehidupan beragama tentu perlu menyelaraskan pesan- pesan yang tertuang dalam Al Qur’an.

“Allah menurunkan segala sesuatu, ada ilmunya, ada caranya dan ada pula metodenya. Kesemuanya bisa itu, ditempuh melalui kajian Al-Qur’an, melalui sains dan teknologi.

Untuk itu, kata H.Khaeroni, dengan sains dan teknologi Kita harus berupaya untuk melakukan penafsiran atas dalil-dalil tersebut agar menguatkan keimanan dan ketakwaan kita kepada Allah SWT,”

Ditempat yang sama Bupati Jeneponto, Iksan Iskandar, dalam sambutannya menyampaikan penghargaan dan ucapan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah menunjukkan pengabdian dan partisipasinya, sehingga MTQ ke-44 dapat terselenggara dengan baik.

“Kegiatan MTQ ini selain sebagai wadah untuk menyemarakkan Syiar Islam dan membangun bakat dan kompetensi generasi islami, juga sebagai sarana untuk merekatkan persatuan, sebagai satu kesatuan masyarakat Turatea yang memegang teguh budaya Islam dan nilai-nilai kearifan lokal ,” kata Iksan Iskandar.

Musabaqah Tilawatil Qur’an, kata Iksan Iskandar, merupakan momentum yang tepat dalam memelihara kebersamaan dan persaudaraan, yang telah digalang bersama sebagai kekuatan yang miliki, untuk intropeksi diri dan berbuat lebih baik lagi bagi kemajuan masyarakat, bangsa dan Negara.

Bupati, Iksan Iskandar membuka secara resmi Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-44 tahun 2022 tingkat Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan, di lapangan Ba’balaka, Kelurahan Togo-Togo, Kecamatan Batang, Senin, 28 Februari 2022.

“Olehnya itu, kepada seluruh peserta, pendamping, Dewan Hakim dan Panitia, saya menyampaikan selamat menjalankan kompetisi secara sehat, karena MTQ ini sebagai event untuk memilih peserta yang akan mewakili daerah ini pada pelaksanaan MTQ di tingkat Provinsi,” terang Iksan Iskandar.

Bupati Jeneponto dua periode itu berharap, momentum MTQ dapat dijadikan sebagai sebagai wadah, dan bagian dari upaya peningkatan kualitas ummat, sekaligus sebagai proses pembangunan sumber daya manusia, terutama dalam menyiapkan generasi muda Islam yang bermartabat.

“Harapan tersebut tentunya memiliki keterkaitan erat dengan salah satu programi prioritas Pemerintah Daerah. Kita berharap generasi muda Jeneponto adalah menjadi generasi millenial yang terus bergerak, bermi’raj ke arah yang lebih baik dan dapat diandalkan dalam menghadapi tantangan global. Pembangunan sektor keagamaan patut kita lakukan secara berkesinambungan karena dalam perspektif pembangunan, nilai-nilai agama harus mampu diwujudkan menjadi pedoman dalam melakukan perubahan yang dinamis,” beber Iksan Iskandar. (Sapar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.