Sepekan di Jakarta, Ini yang Diurus Andi Utta

BULUKUMBA, Aliefmedia.com – Pekan lalu Bupati Muchtar Ali Yusuf berada di Jakarta. Dalam kunjungannya yang didampingi beberapa OPD, Andi Utta sapaan akrab Bupati melakukan koordinasi di beberapa kementerian untuk mendukung program pembangunan Bulukumba.

Di Kementerian Dalam Negeri, Andi Utta mengikuti pembahasan dan harmonisasi rancangan Permendagri tentang Batas Daerah Bulukumba- Bantaeng.

Selain itu Bupati Andi Utta juga menjajaki peluang kerjasama luar negeri dengan beberapa negara Asia melalui kedutaan besar Indonesia. Hal ini disampaikan kepada Kepala Pusat Fasilitasi Kerjasama Kemendagri, Heri Roni, dimana Andi Utta berharap Kemendagri juga melakukan pemetaan dan menfasilitasi daerah-daerah yang memiliki potensi untuk para investor.

Misalnya kerjasama dengan Jepang melalui naskah Letter Of Intent berupa Sister City (Kota Kembar) di dalamnya ada pertukaran tenaga kerja, peningkatan SDM dan pemasaran hasil pertanian perikanan dan produk lokal daerah.

Di kunjungannya ini, Andi Utta juga menandatangani naskah perjanjian kerjasama dengan PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) untuk membiayai pembangunan Pasar Sentral dan Pasar Tanete. PT. SMI adalah sebuah badan usaha milik negara Indonesia yang bergerak di bidang pembiayaan infrastruktur.

Dari penandatanganan ini, Andi Utta meminta Badan Pengelolaan Keuangan untuk segera menindaklanjuti. Begitu pula kepada Dinas Perdagangan agar mempersiapkan dengan baik pelaksanaan pembangunan pasar terutama kesiapan relokasi sebelum pembangunan dimulai.

Di Kementerian PUPR, Bupati bertemu dengan Kepala Pusat Fasilitasi Infrastruktur Pekerjaan Umum, Krisno sekaligus menyerahkan proposal untuk penambahan anggaran DAK tahun anggaran 2023.

Selain itu, Andi Utta juga menjajaki peluang mendapatkan anggaran APBN untuk pembangunan Bendungan Kahayya yang dinilai oleh Andi Utta sebagai proyek masa depan Bulukumba untuk meningkatkan pendapatan asli daerah.

Selanjutnya di Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Andi Utta mengajukan proposal untuk pengembangan Daya Tarik Wisata (DTW) di Bulukumba, diantaranya Titik Nol dan Pulau Liukang Loe.

Di Kementerian yang dipimpin oleh Sandiaga Uno ini, Andi Utta juga mengkoordinasikan penyelenggaraan Festival Pinisi yang sudah masuk ke dalam Kharisma Event Nusantara (KEN).

Rencananya Festival Pinisi yang digelar bulan September mendatang akan dirangkaikan dengan International Jetski Eksibition.

“Saya kira Festival Pinisi tahun ini bisa lebih meriah, karena adanya Internasional Jetski,” ungkapnya.

Terakhir, Andi Utta mendatangi Kantor Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Selain menyerahkan proposal bantuan pemulihan pasca bencana untuk tahun 2023. Andi Utta menerima bantuan 1 (satu) unit perahu Katamaran, 1 (satu) unit Mobil Rescue, dan 2 (dua) mesin perahu 18 PK. (****)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.