BAZNAS Jeneponto Gencar Lakukan Sosialisasi Zakat

Jeneponto, Aliefmedia.com – Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Jeneponto, gencar melakukan sosialisasi tentang penyaluran zakat melalui lembaga non pemerintah yakni BAZNAS Jeneponto.

Hal tersebut disampaikan saat pimpinan BAZNAS Jeneponto melakukan Silaturrahmi dengan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Jeneponto, Selasa, 06 September 2022.di jalan abd.jalil sikki no.29 romanga kelurahan Balang kabupaten Jeneponto.

Ketua Baznas Jeneponto Maulana Askari,S. Ag didampingi Wakil ketua satu Mursalim, S.HI, Wakil ketua dua, Abd. Rivai, S.M.Hk, Wakil ketua tiga Junaeda, S. Ag dan Wakil ketua empat Basir B., S. Ag., M.Pd.I menyampaikan, bahwa kedatangan kami bertujuan untuk bersilaturrahmi dan Sosialisasi keberadaan Baznas di Kabupaten Jeneponto.

“Kedatangan kami kesini untuk bersilaturrahmi dengan Kepala Dinas agar kedepan ada kerjasama antara Baznas dengan Dinas Pendidikan terkait Pengelolaan Zakat, Infaq dan Sedekah dengan pemotongan sebesar 2,5% dari Gaji ASN secara langsung (payrollsistem) , oleh karena itu kami memohon kiranya diberikan kesempatan untuk melakukan Sosialisasi Sadar Zakat di lingkup dinas Pendidikan ini,” kata Maulana.

“Baznas adalah salah satu Lembaga pemerintah non struktural yang dibentuk oleh pemerintah berdasarkan Undang- Undang Nomor 23 Tahun 2011 Tentang Pengelolaan Zakat.

Jadi lembaga kami ini legal, dan Baznas di Kabupaten Jeneponto berkantor di Belokallong jalan Lanto Dg Pasewang nomor 353 Kelurahan Balang Kecamatan Binamu Kabupaten Jeneponto,” urai Maulana.

Menunaikan Zakat ini merupakan kewajiban bagi Umat Islam karena salah satu dari rukun Islam yang apabila ditunaikan maka harta kita akan menjadi berkah, suci dan semakin tumbuh subur, Kata ketua baznas.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Jeneponto Drs. H. Nur Alam Basyir, M. Si. Kr. Beso menyampaikan ucapan apresiasinya terhadap kehadiran Baznas.

“Terima kasih atas kunjungan silaturrahminya, mudah- mudahan membawa berkah kami dinas Pendidikan dan Kebudayaan pada Khususnya dan masyarakat Jeneponto pada umumnya,” Ucap Nur Alam .

Kr Beso (panggilan akrabnya) pada pertemuat tersebut didampingi beberapa kepala sekolah, diantaranya adalah Sirajuddin Kepala Sekolah SMPN 5 Bangkala, Syarifuddin Kepala Sekola SMPN 8 Satap Binamu, Baso Labo Kepala Sekolah SMPN 6 Binamu, Zaidil Amin Kepala SDN Mataere Kelara, Syamsuddin Mahadi Kepala Sekolah Satap 10 Binamu, Basri Kepala SMPN 2 Binamu, Sudarni Kepala Sekolah SMPN 7 Turatea dan H. Muh. Alim.

Adapun kesimpulan dari pertemuan silaturrahmi ini adalah:
Pada prinsipnya kami mendukung program kerja baznas untuk melakukan Memorandum of Understending (MoU) dengan Payrollsistem, namun masih butuh sosialisasi tentang zakat, infak dan sedekah baik kepada ASN Guru maupun ASN Non Guru.

Siap memfasilitasi pembentukan Unit Pengumpul Zakat (UPZ) dalam lingkup Dinas Pendidikan dan Kebudayaan.

Hasil dari pengumpulan Zakat, Infaq dan sedekah diharapkan menyentuh mustahik dari dinas pendidikan, baik siswa miskin maupun siswa berprestasi yg kurang mampu, Ujar Kr. Beso.

Terima kasih kepada komisioner Baznas Jeneponto atas kedatangannya bersilaturrahim, kami siap memfasilitasi Baznas untuk melakukan sosialisasi sadar zakat ke kecamatan- kecamatan. “In Syaa Allah kami akan menginformasikan apabila ada pertemuan baik di tingkat Kabupaten maupun di tingkat kecamatan,” tutup Kadis Pendidikan dan Kebudayaan.

Hal tersebut diatas disampaikan oleh Mursalim Awing kepada awak media ini melalui pesan WhatsApp nya siang ini pukul 16.02 WITA. (red AMN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.