Antisipasi Wabah PMK, Babinsa Koramil 1425-05 Batang Pendampingan Vaksinasi Hewan Ternak

JENEPONTO, Aliefmedia.com – Salah satu upaya untuk mengantisipasi penularan penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak, Babinsa Sertu Yawing anggota Koramil 05 Batang Kodim 1425 Jeneponto, mendampingi Tim kesehatan hewan dari dinas pertanian bidang peternakan Kabupaten Jeneponto, melaksanakan Vaksinasi hewan ternak.

Adapun hewan ternak yang divaksin sebanyak 1.847 di antaranya, Kambing 1,810 ekor dan Kerbau 37 ekor, dengan cara door to door, mendatangi setiap rumah warga yang memiliki hewan ternak peliharaan diwilayah binaannya Desa Bungeng Kecamatan Batang Kabupaten Jeneponto. Sulsel, Minggu 29/10/2023.

Disela-sela kesibukannya, Babinsa Sertu Yawing menyampaikan, bahwa pendampingan vaksinasi PMK hewan ternak ini merupakan upaya TNI AD khususnya Kodim 1425 Jeneponto, dalam mendukung program pemerintah pusat dan daerah untuk pencegahan penyebar luasan Virus PMK pada hewan ternak, ucap Babinsa.

Menurutnya, Pemberian Vaksinasi pada ternak dapat mencegah terjadinya tingkat kesakitan dan kematian yang tinggi pada hewan, akibat terserang infeksi penyakit virus mapun bakteri yang sering disebut Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), terangnya.

Selain melaksanakan pendampingan, sebagai aparat Komando Kewilayahan “Babinsa” juga memberikan himbauan kepada warga masyarakat yang memiliki ternak untuk rutin membersihkan lingkungan kandangnya, dan apabila ditemui ada hewan ternak bergejala PMK, segera dilaporkan, sehingga dapat segera ditangani guna mencegah penularan PMK terhadap hewan lain, ujarnya. (Penerangan Kodim 1425/Jeneponto).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.