Desa Gunturu Kec. Herlang Adakan Pelatihan Pembuatan Pupuk Kompos Dan Pestisida Nabati

Bulukumba, Aliefmedia.com – Pelatihan pangan yang sehat dan aman di selenggarakan di Desa Gunturu Kecamatan Herlang Kabupaten Bulukumba, Senin (16/12/2019).
Kegiatan tersebut berupa Pelatihan pembuatan pupuk kompos dan pembuatan Pestisida Nabati

Pelatihan yang menggunakan Dana Desa Gunturu di langsungkan mulai hari ini sampai hari kamis, (19/12/2019).

Dalam arahannya, Kepala Desa Gunturu, Andi Ahmad Iqbal. S.Sos. M.Si, menghimbau agar pelatihan ini tidak sampai di pelatihan saja. Tetapi pelaksanaannya harus berkelanjutan.

Di hadiri oleh Kordinator BPP Kec. Herlang, Komang Madrya. SP, Nurwati. SP dari IP3OPT wilayah III Bulukumba (instalasi peramalan pengamatan pengendalian organisme pengganggu tumbuhan), PPL Desa Gunturu Kec. Herlang, Nuraeni. SP. para peserta dari Kelompok Tani se Desa Gunturu dan Asrul sebagai Panitia Pelaksana.

Materi Pembuatan Pupuk Kompos di bawakan oleh Kordinator BPP Kec. Herlang, Komang Madrya. SP, sedangkan Materi pembuatan Pestisida Nabati dibawakan oleh Nurwati. SP.

Dalam pelatihan tersebut di jelaskan Manfaat pupuk kompos di samping mengurangi penggunaan pupuk kimia, juga untuk mengembalikan unsur hara tanah dan untuk mengaktifkan kembali siklus bakteri yang selama ini rusak karena pupuk kimia.

Sedangkan pestisida nabati adalah pestisida yang bahan aktifnya berasal dari tanaman atau tumbuhan yang dapat mengendalikan serangan hama pada tanaman. (Kasmad Bachtiar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.