Menyongsong Bulukumba dalam Harmoni dan Sukses Pilkada 2020

Bulukumba, Aliefmedia.com – Peringatan Hari Jadi Kabupaten Bulukumba kembali dilaksanakan sebagaimana yang tertuang dalam Peraturan Daerah Kabupaten Bulukumba Nomor 13 Tahun 1994 tentang Penetapan Hari Jadi Kabupaten Daerah Tingkat II Bulukumba, dimana pada pasal 3 disebutkan bahwa hari jadi daerah diperingati dan dirayakan setiap tahun oleh pemerintah daerah dan seluruh masyarakat Kabupaten Bulukumba. Hari Jadi yang ditetapkan setiap tanggal 4 Februari mengacu pada pembentukan peresmian Kabupaten Bulukumba sebagai salah satu daerah di Indonesia pada 4 Februari 1960.

Hari Jadi Kabupaten Bulukumba ke-60 tahun 2020 bertepatan dengan momentum tahapan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Bulukumba, sehingga tema Hari Jadi Kabupaten pada tahun ini adalah “Menyongsong Bulukumba dalam Harmoni dan Sukses Pilkada 2020”

Tema ini menyiratkan harapan untuk Bulukumba yang akan lebih baik di masa-masa mendatang melalui sinergitas seluruh elemen di Kabupaten Bulukumba, yang diawali dengan momentum Pesta Demokrasi Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati untuk periode berikutnya. 

Diharapkan pelaksanaan Pilkada 2020 dapat berjalan dengan aman, lancar dan damai. Pilihan politik boleh berbeda, namun persaudaraan sesama warga Bulukumba dan warga negara menjadi hal yang utama dan penting untuk terus dirawat dan jaga bersama. Sehingga pelaksanaan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan yang telah berjalan kondusif, aman, dan tenteram senantiasa dapat diwujudkan.

Dengan bertambahnya usia Kabupaten Bulukumba haruslah menjadi refleksi bagi semua elemen, baik itu penyelenggara pemerintahan maupun masyarakat, tentang sumbangsih, peran dan karya apa yang telah diberikan dalam proses penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan.

Terkait kinerja pemerintahan, Pemerintah Kabupaten Bulukumba pada tahun 2019 mendapat predikat Kabupaten Berkinerja Tertinggi Urutan 8 Nasional atas Penyelenggaraan Pemerintahan dari Kementerian Dalam Negeri.  Dari aspek pengelolaan keuangan, Pemerintah Kabupaten Bulukumba telah mempertahankan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) sebanyak 7 kali berturut-turut. 

Angka kemiskinan Bulukumba dari tahun ke tahun jug menunjukkan kecenderungan semakin menurun. Jika pada tahun 2017, persentase kemiskinan berada pada angka 7,97 persen. Tahun 2018 berada pada angka 7,48 persen. Maka pada tahun 2019 angka kemiskinan menurun menjadi 7,26 persen.

Sementara itu di sektor lingkungan, kesehatan, sosial, ekonomi, layanan publik dan pemberdayaan masyarakat, Pemerintah dan Masyarakat Kabupaten Bulukumba pada tahun 2019 juga terus meraih keberhasilan yang membanggakan dengan menerima berbagai penghargaan.

Penghargaan yang Diterima Tahun 2019

NOPENGHARGAANYANG MEMBERIKAN
1Piala Adipura  Kategori Kota KecilWakil Presiden RI
2SAKIP Award Tahun 2018 Predikat Nilai “B”Menteri PAN RB
3Penghargaan Tindaklanjut Temuan Hasil Pemeriksaan Inspektorat Provinsi Gubernur Sulawesi Selatan 
4Penghargaan Kinerja Tertinggi Urutan 8 Nasional Penyelenggaraan PemerintahanMenteri Dalam Negeri
5Penghargaan Jambore Inovasi Pelayanan Publik (Inovasi Laraku Nyata Top 20)Gubernur Sulawesi Selatan 
6Penghargaan Jambore Inovasi Pelayanan Publik (Inovasi Adminduk Inklusif Top 29)Gubernur Sulawesi Selatan 
7Penghargaan Goverment Award Kategori PariwisataMenteri Desa PDT
8Penghargaan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK RI  atas Hasil Pemeriksaan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Tahun Anggaran 2018Kepala BPK Perwakilan Sulawesi Selatan 
9Penghargaan Tanda Jasa Bakti Koperasi dan UKMMenteri Koperasi UKM 
10Penghargaan Kabupaten Layak Anak (KLA)Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak
11Penghargaan Program Kampung Iklim Tahun 2019 Kategori LestariMenteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan
12Penghargaan Pembina Program Kampung Iklim (Proklim)Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan
13Juara I Lomba Keluarga Sadar Hukum (Kadarkum) Tingkat Provinsi Sulawesi SelatanKanwil Hukum dan HAM Provinsi Sulawesi Selatan
14Juara I Tenaga Kesehatan Teladan Tingkat Nasional Kategori Farmasi(Kepala Puskesmas Borong Rappoa)Menteri Kesehatan RI 
15Juara II Lomba Sekolah Sehat Berkarakter Tingkat Nasional (MAN 2 Bulukumba)Menteri Pendidikan dan Kebudayaan)
16Rekor Dunia MURI terkait Peserta Karnaval Busana Hitam TerbanyakManager Rekor MURI
17Penghargaan Kabupaten Sehat “Swasti Saba Wistara” Menteri Kesehatan RI dr. Terawan Agus Putranto
18Penghargaan Tokoh Penggerak Nasional Perhutanan Sosial(Kadis DLHK Misbawati Wawo)Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan
19Penghargaan Kabupaten Peduli Hak Asasi ManusiaMenteri Hukum dan HAM
20Penghargaan Sebagai Kabupaten Percepatan Pembangunan Ketahanan KeluargaGubernur Sulawesi Selatan 

Agenda Acara Hari Jadi Kabupaten Bulukumba

Launching Event Pariwisata 2020
Launching Gerakan Indonesia Sadar Adminduk (GISA)
Launching Mobil Online Layanan Adminduk 
Launching Mobil Ambulance Desa
Launcing Jaringan Wi-fi Publik 18 Titik
Peresmian Proyek oleh Gubernur Sulawesi SelatanProyek Jalan dalam Kawasan Wisata Bira dan Mandala Ria.Proyek Broadwalk Titik Nol Tanjung Bira.Proyek Pembangunan TPST dalam Kawasan Wisata Bira.Proyek Pembangunan Puskesmas Balangtaroang.Program KOTAKU Kelurahan Ela-Ela( Pembangunan TPS3R, Paving Blok, Drainase, RTH, dan Air Bersih, Program KOTAKU Kelurahan Bentenge (Pembangunan Paving Blok, Drainase, RTP, Air Bersih, dan TPS.Program KOTAKU Kelurahan Bintarore (Pembangunan Paving Blok, Drainase, Air Bersih, RTP, dan TPS.
Penandatangan MoU Pemkab Bulukumba dengan:PT Jasaraharja Putra tentang Penyelenggaraan Asuransi Layanan Umum (Publik Liability) di Kabupaten Bulukumba.PT Telekomunikasi Witel Makassar tentang Penyediaan Wifi Publik 18 titikPT PLN (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan Bulukumba tentang Kesiapan Pelayanan Pelanggan.PT Daya Gagas Indonesia tentang Pelaksanaan Program Satu Juta Nelayan Berdaulat di Kabupaten Bulukumba.

(Humas)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.