Kedua Kalinya, Bupati Bulukumba Andi Utta Terima Piala Adipura

JAKARTA, Aliefmedia.com – Kabupaten Bulukumba kembali meraih penghargaan Piala Adipura. Capaian Piala Adipura ini mampu dipertahankan Kabupaten Bulukumba untuk tahun 2022 dan 2023 di bawah kepemimpinan Bupati Andi Muchtar Ali Yusuf dan Wakil Bupati Andi Edy Manaf.

Mengenakan batik, Piala Adipura tahun 2023 diterima langsung Bupati Bulukumba Andi Muchtar Ali Yusuf di Gedung Manggala Wanabakti Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Jakarta Pusat, Selasa 5 Maret 2024.

Penyerahan Anugerah Piala Adipura 2023 dihadiri Wakil Presiden Republik Indonesia K.H. Ma’ruf Amin bersama Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya.

Menteri LHK Siti Nurbaya menyampaikan jumlah peraih Piala Adipura Kencana tahun 2023 sebanyak 5 kota yaitu Kota Metropolitan Surabaya, Kota Sedang Balikpapan, Kota Sedang Bitung, Kota Sedang Bontang dan Kota Kecil Ciamis.

Sementara untuk penerima Anugerah Piala Adipura ada 106 kabupaten kota, dan sebanyak 51 kabupaten kota yang mendapatkan Sertifikat Adipura.

Wapres RI K.H. Ma’ruf Amin menyambut baik penyelenggaran penerimaan Adipura sebagai salah satu medium afirmatif atas upaya mewujudkan peningkatan kualitas lingkungan hidup yang berkelanjutan di Indonesia.

“Ke depan saya harap dapat terus memperkaya inovasi, sehingga mampu menyesuaikan dinamika zaman perputaran arah kebijakan. Saya juga meminta esensi program Adipura senantiasa terjaga, yaitu untuk memastikan keterlibatan berbagai elemen, utamanya komitmen dan kinerja pimpinan daerah hingga peran serta masyarakat secara luas untuk pembangunan berkelanjutan,” kata Wapres Ma’ruf Amin.

Dikatakan, persoalan pengelolaan sampah semakin menjadi isu konkret yang terus berkembang dan menjadi salah satu perhatian utama pemerintah. Selain itu, pemerintah juga menargetkan nol sampah dan emisi di tahun 2050.

Penanganan sampah di Indonesia tidak bisa lagi dilaksanakan secara konvensional. “Saya minta pemerintah daerah agar dapat melaksanakan kegiatan penanganan sampah yang terintegrasi dari hulu ke hilir dengan menerapkan sistem teknologi ramah lingkungan,” ungkapnya.

“Selamat kepada para kepala daerah penerima penghargaan Adipura tahun 2023. Penghargaan ini menjadi representasi kesungguhan mengatasi persoalan lingkungan pada umumnya, persoalan sampah dan ruang terbuka hijau pada khususnya. Saya harap penghargaan Adipura tidak menjadi akhir perjuangan saudara, tapi justru semakin mengembangkan, membangkitkan semangat dan upaya melakukan langkah konkret di lapangan untuk mengatasi persoalan sampah di wilayah masing-masing,” tutup Wapres K.H. Ma’ruf Amin.

Atas raihan Piala Adipura yang kedua kalinya tersebut Andi Utta sapaan akrab Bupati Bulukumba menyampaikan ucapan syukur serta mengapresiasi atas kinerja tim lintas OPD, khususnya jajaran Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kabupaten Bulukumba.

Sejak awal pemerintahannya, Andi Utta sudah menunjukkan komitmennya untuk menciptakan lingkungan yang bersih di kota Bulukumba, termasuk pengendalian banjir yang kerap datang setiap musim hujan. Sampah dan sedimen di drainase diangkat dan dibersihkan agar saluran air tidak tersumbat.

“Adipura ini hanya motivasi. Esensinya adalah menjaga kebersihan itu menjadi kewajiban dan tanggungjawab kita semua,” ungkapnya.

Andi Utta menyampaikan terima kasih kepada masyarakat dan seluruh pihak yang terus peduli akan kebersihan lingkungan. Ia berharap Adipura yang diraih kembali itu tidak sekedar seremoni, tetapi merupakan penyemangat untuk terus meningkatkan kebersihan dan perawatan lingkungan di Kabupaten Bulukumba.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.