Di Hari kesaktian Pancasila Pemandu Wisata Belajar Pencegahan Bahaya Kebakaran

Bantaeng, Aliefmedianews.com – Pemandu Wisata Belajar Pencegahan Bahaya Kebakaran bertepatan di Hari Kesaktian Pancasila di kantor satpol pp & pemadam kebakaran.

Pemandu Wisata Binaan dari Dinas Pariwisata ini di dampingi langsung oleh Kabid Pengembangan Destinasi Wisata Dinas Pariwisata Bantaeng, Fiqih S Luhulima, Reformer Latihan kepemimpinan (Latpim) Eselon III untuk Proyek Perubahan Wisata Edukasi Pantai Marina-TEMANTA.(01/10/2019)

Kegiatan ini di ikuti sebanyak 8 orang pemandu wisata diajak study tour ke Kantor Satuan Polosi Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran (Satpol PP &PK) Kabupaten Bantaeng.

Kasatpol PP dan PK, Abdullah menyambut hangat kehadiran Pemandu Wisata di kantornya. Menurutnya, kebakaran merupakan salah satu bencana non alam yang sangat ditakuti oleh sebagian besar masyarakat.Ucapnya

Bagaimana tidak, bencana ini memiliki dampak yang sangat besar, Bukan hanya kerugian materil akibat terbakarnya bangunan serta harta benda lainnya, bahkan kebakaran juga bisa menimbulkan korban jiwa. “Secara umum musibah kebakaran terjadi akibat faktor kelalaian manusia, Oleh karena itu kami berharap Pemandu Wisata bukan hanya menjadi duta wisata tapi juga menjadi duta pencegahan kebakaran kepada masyarakat,” harapnya.

Menurut data di Bidang Pemadam Kebakaran, bahwa 3 tahun terakhir data kebakaran menunjukkan angka kejadian akibat arus pendek listrik (konslet) adalah angka penyebab tertinggi terjadinya kebakaran yang di susul oleh kebocoran selang tabung gas, lalu diikuti oleh kelalaian pemakaian kompor kayu atau minyak, kasus pembakaran sampah, kelalaian lilin, dan juga akibat punting rokok yang masih menyala.pungkasnya

Selain pembekalan secara teori, Pemandu Wisata juga diperlihatkan contoh simulasi cara memadamkan api secara sederhana oleh Staf Petugas Pemadam Kebakaran, Misalnya bagaimana memadamkan api dengan menggunakan APAR (alat pemadam kebakaran) dan alat tradisional seperti air, pasir dan karung goni yang dibasahi.Tuturnya (Jf)