Pj.Bupati Bersama Dansatgas TMMD 122 Kodim 1425 Jeneponto Dan Forkopimda, Sambut Kunjungan Kerja Tim Wasev

JENEPONTO, Aliefmedia.com – Pejabat Bupati Jeneponto Junaedi Bakri bersama Forkopimda sambut kedatangan Tim Pengawas dan Evaluasi (Wasev) dari Staf Penanggung Jawab Operasional (PJO) TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Brigjen TNI Heri Dwi Subagyo, Direktur Pusat Informasi Teritorial (DIR PIT) Pusterad.

Hadir pula Kapten Arhanud Andy Ackbar T., A.Md., Kaur Renopsbak TNI Spaban Vibakti TNI Sterad,

melakukan kunjungan kerja ke lokasi TMMD ke-122 Kodim 1425 Jeneponto di Desa Tuju, Kecamatan Bangkala Barat, Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan pada Kamis, 17/10/2024.

Pada kesempatan tersebut Dansatgas TMMD, Letkol Inf Muhammad Amin, S.IP. Ia memaparkan berbagai hasil capaian yang telah diraih, baik sasaran fisik maupun non fisik.

“Saat ini, beberapa sasaran fisik seperti pembangunan jalan desa dan fasilitas umum telah mencapai progres yang signifikan,” jelasnya.

Selain itu, kata Muhammad Amin S.IP., kegiatan non fisik seperti penyuluhan kesehatan dan pendidikan juga dilaksanakan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

Dalam kunjungan ini, Brigjen TNI Heri Dwi Subagyo dalam sambutannya, menekankan pentingnya kolaborasi antara TNI, pemerintah daerah, dan masyarakat dalam menyukseskan program TMMD.

“TMMD bukan hanya tentang pembangunan fisik, tetapi juga menguatkan kebersamaan dan gotong royong dalam membangun desa. Sinergi antara TNI dan masyarakat harus terus dijaga untuk kesejahteraan bersama,” ujarnya.

Setelah menerima paparan di Kantor Desa Tuju Ketua Tim Wasev Brigjen TNI Heri Dwi Subagyo beserta Porkofimda Kabupaten Jeneponto melanjutkan penyuluhan penurunan Stunting di lokasi TMMD Dusun Badopangkaya Desa Tuju Kecamatan Bangkala Barat Kabupaten Jeneponto.

Tidak hanya itu, tim juga memberikan paket Bingkisan secara simbolis kepada anak Stunting dalam rangka TMMD Ke-122 TA. 2024 Kodim 1425/Jeneponto, dan dilanjutkan Peninjauan Posko TMMD dan RTLH.

Dalam kunjungan itu , Tim Wasev beserta rombongan juga berkesempatan melakukan peninjauan langsung ke lokasi-lokasi sasaran fisik dan non fisik TMMD.

Rombongan pun melihat langsung hasil pembangunan infrastruktur serta berinteraksi dengan masyarakat setempat yang ikut berpartisipasi dalam program tersebut.

Kunjungan ini merupakan bentuk pengawasan dan evaluasi terhadap pelaksanaan TMMD untuk memastikan program berjalan sesuai dengan target dan bermanfaat bagi masyarakat, jelasnya.

Sementara itu, Pj Bupati Jeneponto, Junaedi B. S.Sos., MH., dalam sambutannya menyebut bahwa dirinya mewakili pemerintah daerah setempat, mengapresiasi atas pelaksanaan TMMD di Desa Tuju yang telah membawa dampak positif bagi masyarakat.

“Kami sangat berterima kasih kepada TNI dan semua pihak yang terlibat dalam kegiatan ini.”

PJ. Bupati Jeneponto pun menyampaikan bahwa kehadiran TMMD telah membantu percepatan pembangunan di desa-desa terpencil dan memberikan manfaat nyata bagi warga,” kata Junaedi.

Selain itu, PJ Bupati menjelaskan letak geografis Kabupaten Jeneponto. Menurut Junaedi Bakri bahwa Jeneponto ini letaknya sangat strategis, tidak terlalu jauh dari ibu kota provinsi sulawesi selatan (kota Makassar) sehingga kami katakan bahwa Jeneponto ini punya peluang besar kedepan untuk bisa dijadikan sebagai lokomotif perekonomian di selatan sulawesi selatan.

Karena kalau kita melihat petanya, keberadaan posisi geografis kabupaten Jeneponto tepat berada di tumit kaki pulau sulawesi sehingga saya biasa mengana logikan ibarat tubuh manusia posisi tumit ini kan memiliki peran yang sangat strategis.

Kalau misalnya kita refleksi lewat tumit pasti terasa sampai di kepala. Menjadi spirit bagi kami untuk bagaimana Jeneponto ini kami dorong, kami akselerasi untuk bisa menjadi bagian dalam mewujudkan kawasan timur Indonesia sebagai sentra pengembangan ekonomi dalam rangka mendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Junaedi Bakri juga sampaikan bahwa keberadaan jalan ini bagi kita semua pemerintah dan masyarakat, jalan ini menjadi salah satu urat nadi perekonomian masyarakat sehingga hadirnya kegiatan fisik TMMD ini , mendorong mata rantai perekonomian masyarakat bisa bergerak lebih massive.

Menurut Junaedi Bakri, secara komposisi sektor pertanian ini memiliki kontribusi yang sangat besar terhadap pertumbuhan ekonomi di kabupaten Jeneponto.

Kemudian dalam kaitan dengan sumber daya manusia, kami di Jeneponto memang menjadi salah satu kabupaten yang tertinggi kedua angka stuntingnya.

Tentu hadirnya TMMD ini, kami atas nama pemerintah kabupaten kembali menyampaikan terimakasih. Karena mengatasi stunting itu, tidak mungkin pemerintah daerah berikut jajarannya yang bisa kerja sendiri tanpa dukungan dari berbagai pihak, beber Pejabat Bupati Jeneponto.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Kolonel Inf. Rahmat, SE, M,Si Kasi Ter Rem 141/Toddopuli, Pj. Bupati Jeneponto Junaedi, B, S. Sos, MH, Kapolres Jeneponto, Kajari Jeneponto, Pabandya Wanwil Sterdam XIV/Hasanuddin, Wakapolres Jeneponto, Kadis Pertanian Jeneponto, Kepala BKKBN jeneponto dr. Iswan Sanabi, Kadis ketahanan pangan Jeneponto, Danramil 1425-02/Bangkala, Kapolsek Bangkala, Pasi Ter Kodim 1425/Jeneponto, Camat Bangkala Barat, Kepala Desa Tuju beserta Para tamu undangan.(AMN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.