Peduli Kebersihan Lingkungan, Babinsa Koramil 1425-04/Kelara Gotong Royong Bersama Warga Pembersihan Saluran Irigasi Pertanian

JENEPONTO, Aliefmedia.com – Babinsa Koramil 1425-04/Kelara Kodim 1425 Jeneponto Sertu Armansyah melaksanakan karya bakti dengan bergotong royong bersama masyarakat membersihkan saluran irigasi pertanian di Lingkungan Kappe Desa Tompobulu Kecamatan Rumbia Kabupaten Jeneponto sepanjang 50 Meter, Sabtu 19/10/2024.

Karya Bhakti ini merupakan bentuk keterlibatan nyata TNI dalam pembangunan dan pemeliharaan fasilitas umum terutama saluran irigasi pertanian,guna untuk kelancaran air agar masyarakat mendapatkan hasil panen yang memuaskan. Semangat gotong-royong antara TNI dan para petani itu sangat luarbiasa, terlihat dari antusias mereka dalam membersihkan saluran irigasi tersebut.

Kegiatan ini bertujuan untuk mengajak masyarakat merawat saluran irigasi pertanian yang ada agar tidak tersumbat oleh rumput liar dan sampah sampah.

Dalam kegiatan karya bakti tersebut, Babinsa Sertu Armansyah menyampaikan bahwa kegiatan pembersihan saluran air ini digelar merupakan salah satu bentuk kepedulian TNI Khususnya Babinsa Koramil 04/Kelara Kodim 1425 Jeneponto untuk menjaga kebersihan irigasi pertanian agar air tidak terhalang rumput liar dan sampah sampah.

“Hari ini kita melaksanakan Karya Bakti Pembersihan irigasi pertanian dimana irigasi ini sangat menunjang terhadap hasil pertanian masyarakat, karena saluran air ini merupakan jalur utama untuk mengalirkan air ke sawah sawah masyarakat. Apabila air lancar maka hasil yang mereka dapat juga memuaskan,” jelasnya.

Babinsa Sertu Armansyah sekaligus mengajak para petani disini untuk menjaga fasilitas umum demi kelancaran sumber kehidupan masyarakat Desa Tompobulu. Untuk itu kegiatan ini kami laksanakan dengan penuh rasa tanggung jawab,” ucap Babinsa.

Sementara itu, Kepala Dusun Kappe menyampaikan apresiasinya terhadap inisiatif Babinsa dan partisipasi warga.

“Kerja sama antara TNI dan warga seperti ini sangat penting untuk menjaga kebersihan Saluran air sehingga saluran air yang ada tidak tertutup oleh rumput liar dan sampah sampah yang terbawa arus, Semoga kegiatan seperti ini bisa rutin dilakukan agar air yang dialirkan ke sawah sawah masyarakat lancar, ” ungkapnya.

Salah satu masyarakat yang turut serta dalam kegiatan ini, mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada Babinsa 1425-04/Kelara, karena Babinsa turut peduli dengan kebersihan saluran irigasi yang berada di Desa Tompobulu.

“Kami masyarakat Desa Tompobulu sangat berterima kasih kepada bapak Babinsa karena turut peduli dengan kebersihan saluran irigasi di Desa kami. Saluran ini merupakan saluran utama untuk mengalirkan air ke sawah sawah kami, tentunya apabila air lancar maka tanaman kami juga terpenuhi kebutuhan airnya namun apabila saluran ini kotor dan tersumbat maka masyarakat akan susah untuk mengalirkan air ke sawah sawah,” tuturnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.